Evakuasi GPI Djono Oge di Sigi, TNI temukan brankas berisi uang Rp 1 miliar

Rekanbola – Tim satgas Yon Zipur-8/Sakti Mandra Guna Kodam XIV/Hasanuddin menemukan satu berangkas berisi dokumen dan uang senilai Rp 1 miliar saat melakukan evakuasi di lokasi gedung pusat pelatihan pendidikan dan pembinaan warga gereja GPI Djono Oge di Lagaleso Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XIV/Hasanuddin, Kolonel Alamsyah yang dikonfirmasi menjelaskan, penemuan itu berawal dari upaya evakuasi yang dilakukan oleh 30 orang atau satu kompi dari tim dari Batalyon Zeni Tempur atau Yon Zipur yang dipimpin Kapten Czi Basor Hermawan.

“Satu kompi ini diperintahkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi manusia juga materi berharga. Dan saat pencarian kemarin itu belum ditemukan manusia namun berhasil menemukan satu berangkas. Setelah dikonfirmasi ke pihak gereja yakni pendeta geraja GPI Wilson Wetzler Lampie yang turut selamat dari musibah itu membenarkan bahwa brangkas tersebut adalah milik gereja GPI dan isinya berupa sertifikat gereja, dokumen penting lainnya serta uang tunai Rp 1 miliar lebih,” kata Kolonel Alamsyah.

Sebagaimana bangunan lain yang diterjang gempa, gereja GPI ini juga hancur dan rata dengan tanah. Satgas Yon Zipur berhasil menemukan dan mengevakuasi berangkas tersebut dengan menggunakan peralatan seadaanya.

“Pendeta geraja GPI Wilson Wetzler Lampie mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Satgas Yonzipur-8/SMG dan beliau juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih,” kata Kolonel Alamsyah.

Baca Juga:   Gara-gara Behel, Gadis Ini Terserang Stroke dan Nyaris Meninggal