Facebook Bangun Rumah Virtual untuk Latih AI

REKANBOLA – Para peneliti kecerdasan buatan (AI) di Facebook telah menciptakan sebuah platform yang memungkinkan AI untuk belajar tentang dunia fisik dengan hidup dalam lingkungan realistis di dalam rumah virtual.

Dilansir dari laman Digital Trends, Minggu (16/5/2019) menurut Facebook, mengajar robot bertenaga AI untuk mengerjakan tugas di dunia nyata cukup menyita waktu. Meskipun mungkin untuk membuat robot yang sebenarnya bergerak di ruang fisik untuk pelatihan mereka, mungkin butuh ratusan jam, bahkan bertahun-tahun, untuk AI.

Seperti mengetahi bagaimana bergerak dari satu tempat ke tempat lain, menentukan objek, dan menjawab pertanyaan tentang lingkungan mereka. Sebagai perbandingan, AI tampaknya dapat ditempatkan di dalam rumah virtual yang mewakili rumah nyata, dengan kecepatan pelatihan bergantung pada seberapa cepat komputer dapat menjalankan perhitungan dunia 3D.

Ini berarti bahwa AI akan dapat belajar ribuan jam berlatih hanya dalam beberapa menit. Selain itu, sementara mesin simulasi lainnya berjalan pada sekitar 50 hingga 100 frame per detik. Rumah virtual akan dioptimalkan untuk berjalan pada 10.000 frame per detik, memungkinkan pelatihan cepat untuk AI.

Rumah virtual yang disebut Habitat ini merupakan platform yang dapat menampung lingkungan virtual. Rumah inj sudah kompatibel dengan beberapa dataset 3D, seperti MatterPort3D, Gibson, dan SUNCG, tetapi untuk membuatnya lebih realistis, Facebook membuat database untuk platform bernama Replika.

Replika adalah kumpulan ruang fotorealistik yang diciptakan melalui kombinasi fotografi dan pemetaan kedalaman rumah sungguhan. Modul 3D dari ruangan yang berbeda dapat disatukan dalam berbagai jenis konfigurasi, tergantung pada pelatihan yang diinginkan untuk agen AI.

 

Baca Juga:   Ada Kemiripan Xiaomi Mi Mix 3 dengan Galaxy Note 9