Filosofi Klopp Bikin Liverpool Sehebat Ini

REKANBOLA – Jurgen Klopp berbicara soal gaya bermain Liverpool yang dinilai tak kenal takut dan berani menyerang siapa pun lawannya. Menurutnya, hal ini karena para pemain Liverpool menerapkan filosofi yang terus dia percaya, yakni tidak boleh takut membuat kesalahan.

Dikatakannya, sepak bola memang selalu melibatkan kesalahan-kesalahan, entah itu dalam hal taktik atau kesalahan individu. Tapi menurut Klopp justru kemampuan untuk menerima fakta itu adalah salah satu sumber kekuatan terbesar. Sebab di sisi lain selalu ada rekan setim yang siap membantu.

“Ini sangat penting: memiliki dukungan rekan setim benar-benar memberi anda rasa aman untuk bermain semaksimal mungkin dan membuat kesalahan, karena sepak bola tanpa kemampuan untuk membuat kesalahan tidak bisa bekerja dengan baik,” ungkap Klopp di mirror.

“Anda harus menerima fakta bahwa pasti akan ada kesalahan bahkan sebelum peluit dibunyikan. Dan jika anda menerima itu, anda bisa bermain maksimal.”

Lebih lanjut, Klopp memberi contoh pada laga perempat final Liga Champions Liverpool kontra Manchester City. Kala itu, melawan tim sekuat Man City, skuat The Reds justru tampil percaya diri dan mendominasi pertandingan.

“Dan karena itu anda bisa tampil fokus dan tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal lain, karena anda tahu akan ada pemain yang membantu, pemain lain akan ada di sana,” sambungnya.

“Itulah filosofi kami. Laga melawan Man City adalah contoh yang jelas. Saya membuat perubahan kecil di menit awal, karena saya tahu bahwa setelah lima menit laga akan berjalan sulit.”

BACA JUGA :

Baca Juga:   Eden Hazard: I Play Football because of Zidane