Fitur Baru Instagram Bisa Pulihkan Akun yang Diretas

REKANBOLA –  Instagram mengungkapkan jika pihaknya tengah menguji fitur baru. Fitur tersebut membuat pengguna mampu mendapatkan kembali aksesnya ke akun yang telah diretas.

Dilansir dari laman The Verge, Selasa (18/6/2019) rencana tersebut muncul setelah beberapa pengguna Instagram melaporkan adanya kehilangan akses ke akun mereka. Para peretas atau hacker sering menipu pengguna Instagram dengan mengklik tautan pishing yang mengharuskan pengguna memasukan kredensial login mereka.

Setelah para peretas memegang kendali atas akun mereka, peretas nantinya akan mengubah email dan nomor telepon akun tersebut. Hal tersebut membuat pengguna tak dapat mendapatkan akses ke Instagram mereka.

Pada 17 Juni 2019, Instagram meluncurkan tes yang akan meminta pengguna untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon yang ditautkan ke akun mereka, atau yang mereka gunakan saat pertama kali mendaftar untuk platform tersebut.

Instagram kemudian akan mengirim kode enam digit yang akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan kembali akses.

“Ketika Anda mendapatkan kembali akses ke akun Anda. Kami akan mengambil langkah-langkah tambahan untuk memastikan seorang hacker tidak dapat menggunakan kode yang dikirimkan ke alamat email Anda atau nomor telepon untuk mengakses akun Anda dari perangkat lain,” kata pihak Instagram.

Instagram juga mengatakan fitur lain yang sudah tersedia di Android akan memastikan nama pengguna Anda aman untuk jangka waktu tertentu setelah perubahan akun, artinya itu tidak dapat diklaim oleh orang lain jika Anda kehilangan akses ke akun Anda. Fitur baru Instagram juga kabarnya tersebut di iOS.

 

Baca Juga:   Nokia 7.1 Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya