Gaet Pemilih Milenial, Jokowi Disarankan Pilih Cawapres Muda

Rekanbola.com – Wasekjen PPP Achmad Baidowi menyarankan Presiden Joko Widodo mencari cawapres yang dapat mendongkrak elektabilitasnya. Jokowi disarankan mencari cawapres dari kaum muda untuk menggaet pemilih milenial.

“Pak Jokowi, kalau Bapak mau menang, harus mencari yang bisa melengkapi, yang bisa mendongkrak popularitas, elektabilitas,” kata Baidowi di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Lebih spesifik, pria yang akrab disapa Awiek ini menuturkan elektabilitas Jokowi belum terlalu tinggi di kalangan santri. Sebab, Jokowi berangkat dari kalangan nasionalis.

“Pak Jokowi tidak terlalu kuat di dukungan komunitas Islam, khususnya santri. Maka cawapres Pak Jokowi harus dari muslim, kalangan santri, kenapa? Karena Pak Jokowi dari kelompok nasionalis,” ujar Awiek.

Tak hanya itu, Jokowi disebutnya perlu mencari pendamping yang intelektual. Tak hanya dari kalangan santri, kata Awiek, tapi juga perlu memiliki wawasan kebangsaan yang baik.

“Harus intelektual. Tidak hanya sembarang muslim, sembarang santri, tapi punya wawasan kebangsaan yang bagus. Lebih-lebih yang memiliki pemahaman terhadap ekonomi dan infrastruktur, yang merupakan domain wapres,” tuturnya.

Awiek pun mengatakan figur muda perlu menjadi pertimbangan Jokowi dalam memilih cawapresnya. Hal itu sebagai langkah antisipasi bagi 40 persen pemilih dari generasi milenial pada Pemilu 2019.

 

“(Perlu sosok) muda untuk mengamankan ceruk pemilih milenial yang kira-kira 40 persen pada pemilu mendatang. Baik itu yang berusia muda maupun berjiwa muda,” sebut Awiek.

Saat ditanya soal seberapa jauh sosok Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) memenuhi kriteria tersebut, ia menyebut belum ada pembicaraan ke arah itu dengan partainya. Awiek mengatakan belum ada pembicaraan Romi yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019.

Baca Juga:   10 Cuitan 'Quick Count' Pilkada ini bapernya bikin pengen meluk mantan

“Sampai sekarang di PPP belum ada pembicaraan formal mengenai Romi cawapres Pak Jokowi. Gus Romi sendiri dalam beberapa kesempatan tampil di media luar ruang seperti reklame yang mendefinisikan dirinya sebagai Ketua Umum PPP untuk menaikkan elektabilitas PPP,” tutup anggota Komisi II DPR itu

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo