Gak Didapat di Kampus, 5 Hal Ini Harus Dikuasai Demi Sukses di Dunia Kerja

 

Rekanbola.com – Rasanya tidak ada yang tidak sepakat kalau yang namanya dunia perkuliahan adalah bekal penting agar siap untuk menghadapi dunia kerja. Tak ayal segala tugas dan didikan di bangku perkuliahan dilahap dengan semangat oleh banyak mahasiswa.

Walaupun begitu, ternyata setelah sekian tahun berada di dunia kerja, ada beragam hal penting yang belum banyak diajarkan di dunia kampus, tetapi seharusnya dimiliki oleh setiap mahasiswa. Biar tidak menyesal, dari detik ini, ada baiknya kamu pertimbangkan untuk menguasai beragam hal yang jarang diberikan di kelas-kelas kuliah ini.

1. Problem Solving

Gak Didapat di Kampus, 5 Hal Ini Harus Dikuasai Demi Sukses di Dunia Kerja

Tujuan utama perusahaan merekrut kamu sebagai karyawannya adalah karena di sana ada persoalan yang minta dicarikan solusi. Tidak ada perusahaan yang hanya membutuhkanmu datang jam 8 pagi lalu pulang jam 4 sore. Mereka pasti meminta nilai tambah dari dirimu. Nah, nilai tambah yang paling penting itu adalah problem solving atau kemampuan memecahkan masalah.

Di tempat kerja itu, kamu akan menemukan seabrek masalah. Tugasmu adalah menyelesaikan itu. Tetapi bagaimana mau terampil menyelesaikan, kalau kamu tidak pernah berlatih sebelumnya. Jangan hanya berpatokan pada buku saja ketika kuliah, lihatlah sekelilingmu dengan luas, lalu cobalah untuk memecahkan beragam persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Ketrampilan itu akan makin mengasahmu ketika nantinya masuk dunia kerja.

2. Manajemen Konflik

Gak Didapat di Kampus, 5 Hal Ini Harus Dikuasai Demi Sukses di Dunia Kerja

Di tempat kerja, kamu akan menemui banyak sekali konflik yang terjadi, entah internal departemen ataukah eksternal departemen. Saat itu semua terjadi, kamu pasti kebingungan untuk menentukan langkah. Yang lebih parah lagi adalah kamu kadang hendak memutuskan untuk keluar dari tempat kerja.

Baca Juga:   La Liga ke Amerika Serikat, Suara Suporter Diabaikan

Mulai sekarang belajarlah untuk berkonflik, lalu milikilah trik-trik yang bisa membuatmu lihai dalam menyelesaikan problem itu. Tapi ingat ya, jangan saja buat konflik dengan dosen lho!

3. Mengatur Skala Prioritas

Gak Didapat di Kampus, 5 Hal Ini Harus Dikuasai Demi Sukses di Dunia Kerja

Tidak jarang ketika kamu sudah bekerja, kamu akan menemukan perintah yang bias. Maksudnya bagaimana? Suatu ketika bos memintamu mengerjakan suatu tugas, katakanlah tugas A. Lalu beberapa jam kemudian, ternyata dia memintamu untuk menyelesaikan tugas B.

Belum sampai di sana, bosnya bosmu selang beberapa jam juga memintamu untuk melaksanakan tugas C. Sekarang pertanyaannya adalah, tugas mana dulu yang harus kamu selesaikan?

Kalau kamu tidak pernah belajar mengatur skala prioritas serta manajemennya, lihat saja nanti ketika kamu kerja. Betapa merepotkannya persoalan itu!

4. Menyampaikan Gagasan

Gak Didapat di Kampus, 5 Hal Ini Harus Dikuasai Demi Sukses di Dunia Kerja

Selain dituntut piawai menyelesaikan masalah (problem solving) yang diharapkan oleh setiap perusahaan adalah kamu juga harus bisa menyampaikan ide serta solusi dari masalah tersebut dengan sejelas-jelasnya. Kalau di bangku kuliah, kamu asal saja mempresentasikan tugas di kelas, bahkan malas-malasan untuk berbicara di depan kelas, kamu akan merasakan akibat luar biasa dahsyat dari kemalasanmu itu.

5. Seberapa dalam kamu menguasai Word, Excel, dan Power Point?

Gak Didapat di Kampus, 5 Hal Ini Harus Dikuasai Demi Sukses di Dunia Kerja

Sebagianbesar fresh graduate akan dituntut untuk bisa memberikan laporan secara berkala kepada atasannya. Laporan itu biasanya tersusun dari Microsoft Word, Excel, dan Power Point.

Kalau biasanya di perkuliahan kamu diberi waktu seminggu untuk menyelesaikan tugas, kini bos kamu bakal meminta waktu dalam hitungan hari bahkan jam. Kalau kamu tidak menguasai beragam teknik yang ada di Word, Excel dan Power Point, kamu bakal kelimpungan sendiri melakukan beragam tugas secara manual.

Semoga dengan menguasai kelima hal yang jarang diajarkan kampus di atas, nantinya kamu bisa tumbuh menjadi pribadi yang dikejar-kejar oleh semua perusahaan ya!

Baca Juga:   Punya Banyak Utang, Segera Lunasi Dengan 4 Cara Ini

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :