Gaya Tendangan Penalti Pogba Dianggap Terlalu Berisiko

Rekanbola – Paul Pogba menjadi bintang utama kemenangan Manchester United atas Young Boys di laga awal Grup H Liga Champions 2018/19, Kamis (20/9) dini hari WIB. MU menang dengan skor telak 3-0, Pogba menyumbang dua gol dan satu assist untuk gol Anthony Martial.

Satu gol Pogba datang melalui eksekusi titik putih di akhir babak pertama. Seperti biasanya, Pogba menendang penalti dengan gaya khasnya, dia berlari-lari kecil mendekati bola dan langsung menendang keras saat jarak tersisa sekitar satu meter. Gaya penalti Pogba mirip dengan gaya Simone Zaza, pemain asal Italia.

Namun, meski sukses mencetak gol, gaya penalti seperti itu sebenarnya cukup mengkhawatirkan. Analis sepak bola Sky Sports, Ian Wright, merasa Pogba mengambil risiko besar dengan gaya menendang demikian.

Wright merasa gaya seperti itu mudah dibaca kiper lawan jika terjadi kesalahan sedikit saja. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

 

Mengkhawatirkan

Menurut Wright, gaya penalti Pogba tak jauh berbeda dengan gaya Simone Zaza. Masih teringat jelas bagaimana Zaza gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna saat Italia melawan Jerman di Euro 2016 lalu. Kala itu, tendangan Zaza melambung jauh, dia pun jadi bahan candaan warganet.

“(Gaya penalti) itu benar-benar membuat saya khawatir, lari panjang itu. Hal terburuk karena gaya penalti seperti itu adalah yang dilakukan Zaza untuk Italia saat dia menendang bola jauh ke atas!” kata Wright di express.

“Kita sudah melihat dia gagal sekali melawan Burnley dan dia sukses mencetak gol yang ini (vs Young Boys), namun dia harus menendangnya lebih tinggi.”

 

Mudah Ditebak

Paul Pogba © AFP

Lebih lanjut, Wright merasa Pogba tampil sempurna jika ingin terus menggunakan gaya tersebut. Sebab, salah sedikit saja, kiper lawan akan mudah menebak arah bola dan menggagalkan penalti Pogba.

Baca Juga:   Klopp Akui Guardiola Sebagai Manajer Terbaik di Dunia

“Dia berjalan sangat lambat dan dia ingin menendang bola dengan keras menuju sasaran di atas. Jika dia tak melakukannya dengan benar, kiper akan tahu ke mana arahnya berjalan,” sambung dia.

Hal yang sama juga diucapkan oleh Craig Bellamy. Menurutnya, gaya menendang seperti Pogba itu sebenarnya tak dibutuhkan. Penalti cukup dieksekusi sewajarnya demi mencetak gol.