Gerrard Mengaku Banyak Belajar dari Jurgen Klopp

Rekanbola – Steven Gerrard mengatakan bahwa Jurgen Klopp selalu punya waktu untuk memberikan saran padanya. Dia mengaku banyak belajar dari Klopp, entah dengan saran langsung atau mengamati cara kerja Klopp.

Saat ini Gerrard tengah memulai karier kepelatihannya di Glasgow Rangers. Sebelumnya, dia belajar langsung dari Klopp di Liverpool dan pernah melatih skuat muda Liverpool.

Menurut Gerrard, Klopp adalah salah satu pelatih terbaik yang bisa menasehati pelatih baru seperti dirinya. Klopp tak segan membagi ilmu, bahkan jika ilmu tersebut tergolong rahasia.

Saat belajar dari Klopp, Gerrard mengaku memosisikan dirinya sebagai spons. Baca komentar selengkapnya di bawah ini:

 

Seperti Spons

Gerrard mengaku tak akan pernah bisa meniru cara Klopp melatih, dia tak akan pernah bisa meniru Klopp. Gerrard hanya berusaha mengambil pelajaran positif dari Klopp dan memainkan gayanya sendiri.

“Saya seperti spons, mengamati dan mempelajari, saya melihat dia di televisi dan mengamati bagaimana dia mengatasi situasi,” kata Gerrard di fourfourtwo.

“Saya tak akan pernah bisa jadi Jurgen dengan karisma dan energinya. Namun jika saya bisa mengambil beberapa hal dari dia, itu akan jadi bantuan hebat. Dan jika saya mengirim pesan atau menelpon dia, Jurgen selalu punya waktu untuk saya.”

 

Emosional

Lebih lanjut, Gerrard memuji Klopp sebagai pelatih yang sangat hebat dalam memainkan emosinya. Klopp bisa sangat emosional saat pertandingan berlangsung, namun kembali normal saat laga usai.

“Jurgen sangat bagus dalam mengubah emosi. Ketika pertandingan berlangsung dia sangat emosional tetapi begitu pertandingan usai dia bisa menutup emosi tersebut. Karena itulah dia sangat bagus dalam mengatasi tekanan.”

Baca Juga:   Tinggalkan Real Madrid Jadi Penyesalan Terbesar Cassano

“Ada pelajaran besar yang saya pelajari. Saya harus menjalani hidup saya di luar sepak bola saat masih jadi pelatih. Ini sulit tetapi saya mencoba,” tutup dia.