Griezmann dan De Jong Masuk, Ini 3 Formasi Pilihan Barcelona Musim Depan

REKANBOLA – La Liga hanya berjarak satu bulan sebelum serunya kompetisi musim 2019-2020 kembali kita rasakan. Dan kali ini, kita akan membahas bagaimana wajah Barcelona.

Barcelona baru saja memastikan transfer Antoine Griezmann. Kepastian itu diumumkan pada akhir pekan lalu dengan Blaugrana akhirnya menebus klausul rilis mantan pemain Atletico Madrid itu.

Selain Griezmann, Barcelona sebelumnya sudah terlebih dahulu memastikan transfer Frenkie de Jong. Pemain asal Belanda tersebut didatangkan Barca dari Ajax Amsterdam dan diharapkan langsung masuk dalam starting XI Barcelona bersama Ernesto Valverde musim ini.

Dengan para pemain bintang yang ada di skuad Barcelona musim ini, bagaimana penampakan formasi yang diusung Ernesto Valverde musim ini? Berikut adalah tiga formasi yang bisa dipakai Barca dengan masuknya Griezmann dan De Jong. Simak di bawah ini yaa.!

4-4-2 (Diamond

Formasi yang tampak bisa cocok dengan skuad yang dimiliki Barcelona saat ini adalah 4-4-2 (Diamond). Sementara 4-3-3 bisa jadi masih menjadi pilihan utama Valverde, namun dalam beberapa kesempatan musim lalu, sang pelatih menunjukkan bahwa ia bisa berubah formasi sewaktu-waktu, termasuk memakai 4-4-2.

Di formasi ini, Luis Suarez dan Antoine Griezmann akan menjadi ujung tombak di lini depan, sementara Messi akan beroperasi lebih ke dalam yang menjembatani antara lini tengah dan depan. Messi akan berperan bersama Arthur, Frenkie de Jong dan Busquets membentuk permata di belakang penyerang.

4-3-3

Formasi ini sudah menjadi formasi default Barcelona dalam beberapa tahun terakhir, dan bisa jadi musim ini juga. Namun formasi ini juga memiliki kekurangannya sendiri, dan bila Valverde ingin memainkan Suarez dan Griezmann bersama, formasi ini tak mengizinkan keduanya untuk bermain di posisi terbaik mereka.

Baca Juga:   Faktor Mental Disebut Pengaruhi Madrid Musim Ini

Di pos tiga pemain depan, Suarez bisa menjadi ujung tombak dengan Messi bermain di sisi kanan, dan Griezmann bermain di sisi kiri. Namun sisi kiri jelas bukanlah posisi terbaik dari Griezmann. Sementara tiga gelandang akan ditempati Arthur, Sergio Busquets dan Frenkie De Jong.

Di lini belakang ada nama Jordi Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique dan Nelson Semedo. Empat nama yang sudah jadi andalan Barca sejak musim lalu.

4-3-2-1

Formasi ini bisa juga menjadi pilihan bagi Valverde. Formasi pohon cemara tersebut memang seperti formasi 4-3-3, namun perbedaannya adalah dua pemain di belakang Luis Suarez akan berperan lebih sebagai penyerang, bukan sebagai winger. Dua pemain yang paling pas untuk peran itu tentu saja Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Bagi Griezmann, bermain di belakang penyerang utama sudah pernah ia mainkan ketika di Atletico Madrid.

Di formasi ini juga, Frenkie de Jong dan Arthur akan sedikit berbeda karena harus berbagi lebar lapangan dengan Jordi Alba dan Nelson Semedo. Sementara Busquets akan berperan sebagai pemain yang menjaga kedalaman dan membentuk pertahanan pertama dengan Pique dan Lenglet.

Nah, inilah formasi-formasi yang bisa dijadikan Ernesto Valverde sebagai pilihan. Namun kita semua akan menanti, seperti apa Valverde meracik wajah baru dari Barcelona musim ini.