Gua di Turki yang Bisa Sembuhkan Asma

REKANBOLA –  Di Turki ada gua yang unik banget untuk wisatawan. Tidak hanya penuh stalagmit saja, namun juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit pernafasan.

Dikumpulkan detikTravel dari beragam sumber, Senin (4/6/2018) gua ini bernama Gua Dim. Gua ini berada di wilayah Kota Alanya, Turki. Jaraknya 526 km dari Ankara.

Gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1948 dan langsung diperiksa ahli geologi sebelum dibuka menjadi tempat wisata. Gua ini memiliki dua tingkat yang dipenuhi oleh formasi bebatuan stalaktit dan stalagmit. Formasi bebatuan di gua dibentuk alam selama ribuan tahun.

 

Baca Juga :

 

Gua Dim memiliki kedalaman sekitar 360 meter dengan lebar gua sekitar 17 meter. Untuk masuk ke dalam, pengunjung tidak perlu bersusah-susah menikmati gua karena telah ada jalur khusus yang diperuntukkan untuk wisatawan.

Selain pemandangan di dalam gua yang menarik, ada keunikan lain yang dimiliki Gua Dim yaitu bisa menyembuhkan asma. Hal ini bisa terjadi karena suhu dan kelembapan udara yang ada di dalam gua.

Menurut para ahli, Gua Dim memiliki kandungan karbon dioksida lebih tinggi dari udara luar dan kelembapannya mencapai 95 persen (dengan suhu konstan 22-23 derajat Celcius). Kondisi khusus inilah yang menyebabkan gua bagus untuk orang-orang yang bermasalah dengan pernafasan.

Semenjak tahun 2014, orang-orang pun semakin ramai datang ke gua untuk terapi asma. Pemerintah pun mengadakan program khusus untuk pasien asma dimana mereka selama 21 hari menetap selama 4 jam di dalam gua. Setiap harinya mulai pukul 10.00 -14.00 gua dibuka khusus untuk pasien asma.

Baca Juga:   Perbatasan Entikong yang Megah, Jadi Favorit Turis Buat Foto-foto

 

(Sumber : DETIK.COM)