Gunung Marapi Erupsi, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 4.000 Meter

Rekanbola – PADANG – Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyemburkan abu vulkanis setinggi 4.000 meter sekira pukul 07.03 WIB, Rabu 2 Mei 2018.

Petugas Pengamat Gunung Api (PGA) Gunung Marapi, Hartanto mengatakan, gunung setinggi 2.891 MdPL itu menyemburkan material erupsi ke arah tenggara. Saat terjadi erupsi, terjadi gempa dengan 1 Amplitudo : 10 mm dan durasi 485 detik.

 

Gunung merapi erupsi.

 

“Erupsi Marapi terjadi pagi tadi sekita pukul 07.03 WIB. tinggi asap abu vulkanis ini mencapai 4.000 meter dengan warna asap abu-abu tebal,” ujarnya. Aktivitas Gunung Marapi pagi ini juga sudah diinformasikan ke bandara setempat.

 

Hartanto meminta kepada masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung tidak diperbolehkan mendaki, pada radius 3 Kilometer dari kawah dan puncak. “Saat ini Gunung Marapi memiliki Level II dengan status waspada, Kita himbau kepada masyarakat sekitar dan wisatawan untuk tidak mendaki pada raduis 3 kilometer,” katanya.

 

Gunung merapi erupsi.

 

Sebelumnya Gunung Marapi ini terjadi erupsi Jumat (27/4) pukul 18.20 WIB, gunung ini menyemburkan abu vulkanik setinggi 300 meter ke arah sebelah tenggara gunung. Kini status Gunung Marapi ini memiliki status waspada sejak sejak 3 Agustus 2011 hingga sekarang.

 

(Sumber : okezone.com)

Baca Juga :

Baca Juga:   Cerita Pilu Gadis Disabilitas di Lampung Diperkosa Ayah, Abang dan Adik Berulang Kali