Hadir kampanye damai Pemilu 2019, Sekjen Demokrat gunakan pakaian adat Batak

Rekanbola – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar kampanye damai di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9). Kampanye ini akan dihadiri seluruh peserta Pemilu 2019 dan pasangan capres-cawapres Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Dalam acara ini, para peserta Pemilu mengenakan baju adat daerah. Salah satunya Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan. Dia memilih pakaian adat Batak. Dia mengatakan pada acara ini anggota Demokrat yang hadir berjumlah 50 orang.

“Masing masing pengurus menggunakan pakaian adat. Batak tidak biasa, ulos yang dililit, prinsipnya kan di batak tiga warna hitam putih merah. Jadi sudah biasa dengan gini sering sekali baju adat dipakai pesta,” kata Hinca di Monas.

Hinca mengapresiasi imbauan menggunakan pakaian adat daerah. Menurutnya, ini menunjukkan kampanye damai berbalut keberagaman.

“Hari ini kita tunjukkan rileks dan saya kira bahwa budaya nusantara penting untuk angkat budaya kita. Saya kira bagus, jadi seluruh budaya lokal muncul. Keberagaman itu,” ucapnya.

Nantinya, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal hadir bersama istrinya Ani Yudhoyono beserta dua putranya Edhie Baskoro dan Agus Harimurti Yudhoyono. Demokrat mewarnai acara ini dengan pelbagai pakaian adat nusantara.

“Kejutan dari pak SBY termasuk Ibas dan AHY, baru jalan. Yang jelas kami sudah lengkap. Pakaian yang kami siapkan 75 baju. Beda beda ada Sumut semua macem macem dari ujung Aceh ke ujung Papua,” tuturnya.

“Pak SBY akan di dampingi Ibu Ani bersama rakyat dia turun. Artinya menghormati betul Pemilu ini ajakannya damai,” tandasnya.

Pantauan di lokasi, para peserta acara mulai berdatangan. Nantinya para peserta akan melakukan karnaval keliling. Mereka datang memamerkan beragam pakaian adat daerah. Beberapa kesenian khas daerah juga di pamerkan di lokasi. Tampak pula para personel gabungan TNI, Polri dan Paspampres yang mengamankan lokasi.

Baca Juga:   MUI NTT Minta Pemerintah Ubah Jadwal Pemilu 2019