Hajar Meksiko 3-0, Swedia Juara Grup F

REKANBOLA – Swedia sukses mengalahkan Meksiko 3-0 untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai juara Grup F. Namun, Meksiko juga lolos meski kalah.

Bertanding di Ekaterinburg Arena, Rabu (27/6/2018) malam WIB, Meksiko dan Swedia sama kuat di babak pertama. Meski Swedia lebih mendominasi, tak ada gol yang bisa dilesakkan.

Swedia, yang butuh kemenangan, berada di atas angin pada babak kedua. Tiga gol mereka dapatkan lewat Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, dan bunuh diri Edson Alvarez.

Meksiko, yang mencoba bangkit setelah tertinggal 0-3 gagal mencetak gol. Skor itupun bertahan hingga usai untuk kemenangan Swedia.

Tambahan tiga poin membuat Swedia finis teratas grup dengan enam poin. Meksiko ada di posisi runner-up dengan poin yang sama, namun kalah selisih gol.

Di tempat ketiga ada Korea Selatan dengan tiga poin dan Jerman di posisi buncit. Jerman punya poin yang sama dengan Korsel, namun kalah selisih gol.

Jalannya Pertandingan

Swedia langsung membuat ancaman ke pertahanan Meksiko. Sebastian Larsson melepaskan umpan lewat tendangan bebas, bola disundul Marcus Berg ke depan gawang Meksiko, namun Andreas Granqvist gagal menyambarnya.

Swedia kembali mendapat tendangan bebas di sisi kanan kotak penalti. Guillermo Ochoa melakukan pelanggaran saat mencoba mengambil bola dari umpan panjang pemain Swedia. Wasit menyatakan sang kiper menangkap bola di luar. Emil Forsberg mengeksekusi tendangan bebas, namun bola masih bisa ditepis Ochoa.

Meksiko mulai menekan secara perlahan. Tembakan jarak jauh dilepaskan oleh Miguel Layun pada menit ke-10, namun bola masih mudah ditangkap kiper.

Ancaman berbahaya di buat Carlos Vela pada menit ke-17. Dia mendapatkan ruang di depan kotak penalti dari umpan Hirving Lozano, tetapi bola hasil sepakan kaki kirinya masih sedikit melebar di sisi kanan gawang.

Baca Juga:   Arsenal Kembali Diingatkan untuk Prioritaskan Tierney Ketimbang Zaha

Swedia mendapat peluang emas di menit ke-29 lewat tembakan Forsberg, namun tembakan kerasnya masih bisa diblok. Meksiko dihukum tendangan sudut. Sementara di sisi lain, pemain dan pelatih Swedia mengklaim Javier Hernandez (Chicharito) sudah melakukan handsball.

Wasit Nestor Pitana meninjau protes tim Swedia dengan Video Assistant Referee (VAR), namun dia tetap pada keputusan awal yang menyatakan gerakan tangan Chicharito pasif dan tak penalti.

Di menit ke-33, Forsberg kembali mendapatkan peluang matang dari umpan silang rekannya, tetapi sepakan sembari menjatuhkan diri yang dia lakukan masih melambung tinggi.

Meksiko gantian mengancam gawang Swedia di menit ke-40. Vela, yang bergerak dari kanan menusuk ke dalam kotak penalti, melepaskan tembakan kaki kiri, namun bola masih melambung tinggi.

Meksiko masih mengambil kendali permainan di sisi waktu babak pertama, namun tak ada gol yang tercipta hingga turun minum. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Swedia berhasil memecah kebuntuan saat babak kedua baru berjalan lima menit. Ludwig Augustinsson sukses mencetak gol setelah menyambar bola sepakan Viktor Claesson yang melenceng. 1-0 Swedia memimpin.

Ancaman kembali didapat Meksiko lewat serangan balik dari Swedia di menit ke-52. Forsberg menyepak bola dari jarak dekat, namun sepakan yang dia lakukan masih melambung tinggi.

Swedia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat titik penalti setelah Hector Moreno melanggar Marcus Berg di menit ke-62. Granqvist maju sebagai eksekutor dan berhasil merobek gawang Meksiko.

Swedia masih belum mengendurkan serangan ke pertahanan Meksiko. Di menit ke-74, tim besutan Janne Andersson memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat gol bunuh diri Edson Alvarez.

Meksiko dalam situasi tertekan dengan ketertinggalan 3-0. Mereka meningkatkan serangan untuk memperkecil skor mengingat Jerman di laga lainnya cuma butuh kemenangan 1-0 dari Korea Selatan untuk menyingkirkan Meksiko.

Baca Juga:   Emre Can Dukung Juve Datangkan Ronaldo

Tak ada gol tambahan hingga laga usai. Swedia menutup laga dengan kemenangan 3-0.

Susunan Pemain:

Meksiko: Ochoa; Alvarez, Salcedo, Moreno, Gallardo (Fabian 65′); Guardado (Corona 75′), H.Herrera; Layun (Peralta 89′), Vela, Lozano; Hernandez.

Swedia: Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Larsson (Svensson 57′), Ekdal (Hiljemark 80′), Claesson, Forsberg; Berg (Isaac Kiese 68′), Toivonen.

Baca Juga :