Harga Bawang Melambung, Pengusaha Importir Bertemu DPR

 

Rekanbola.com – Komisi IV DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan puluhan importir bawang dan Kementerian Pertanian, serta Kementerian Perdagangan. Rapat tersebut membahas tentang melambungnya harga bawang putih menjelang Ramadan.

BACA JUGA :

Alya Dior Foto Telanjang Buka Baju Jadi Penjual Jamu Seksi

Dalam rapat tersebut memperdebatkan tentang importir bawang putih yang belum mendapatkan Surat Persetujuan Impor (SPI) dari pemerintah. Padahal, beberapa importir sudah mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Holticultura (RIPH).

1. Harus ada sinkronisasi antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan

Harga Bawang Melambung, Pengusaha Importir Bertemu DPR

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI Edy Prabowo mengusulkan harus ada sinkronisasi antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

“Kemudian ada keluhan dari asosiasi sudah dapat dari RIPH itu rekomendasi impor produk holticultura. Itu untuk pertanian, tapi belum dapat SPI. Nah, ini tidak bisa keluar, tidak terjadi sinkronisasi,” kata Edy di Komisi IV, Gedung DPR RI, Rabu (25/4).

2. Importir harus mendapat rekomendasi

Harga Bawang Melambung, Pengusaha Importir Bertemu DPR

Menurut Edy, dalam UU Pangan dan Holticultura, semua improtir wajib mendapatkan rekomendasi dari kementerian terkait. Dikhawatirkan, apabila belum mengantongi rekomendasi, akan merugikan petani lokal yang telah memanen.

“Jangan sampai petaninya yang lagi panen, tiba-tiba muncul impor dari luar negeri. Sama saja kita membunuh mereka. Ini sudah sepakati, tapi ternyata ada ketidaksinkronan yang kita lihat,” kata dia.

Menurut Edy terkait dengan SPI, harusnya sudah bisa diselesaikan. Karena ada beberapa yang sudah mendapatkan RIPH, namun SPI belum juga dapat.

“Ada yang baru dapet RIPH dua minggu, tahu-tahu sudah dapet 50 ribu SPI. Seolah-olah tebang pilih. Jadi kami minta disinkronkan. Kami berharap juga ini bisa terjadi,” ujar dia.

Baca Juga:   Bikin Gol, Lovren: Biasanya Bolanya Melambung ke Tribun

3. Komisi IV inginkan adanya perbaikan 

Harga Bawang Melambung, Pengusaha Importir Bertemu DPR

Terkait belum adanya kejelasan SPI bagi importir beras, Edy mengatakan, sebaiknya tak perlu menjadi perdebatan panjang siapa yang salah dan benar. Cari solusi terbaik agar segalanya bisa berjalan beriringan.

“Jadi kami minta sinkronkan semua. Kami tidak mencari siapa yang salah. Kami minta perbaikan,” ucap Edy.

(Sumber : news.idntimes.com)

BACA JUGA :