Hasil Argentina vs Kroasia, Skor Akhir 0-3

REKANBOLA – Hasil Argentina vs Kroasia, laga kedua Grup D Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium pada Jumat (22/6) dinihari, usai dengan skor 0-3. Argentina di ambang tersisih!

Laga dimulai dengan satu peluang bagi Albiceleste. Menit ke-2, Nicolas Otamendi melepaskan satu umpan ke dalam kotak, tertuju ke Eduardo Salvio, tapi hanya berujung sepak pojok. Menit kelima hampir saja Kroasia mengejutkan. Lini belakang Argentina sepertinya tertidur. Ivan Perisic berhasil masuk ke dalam kotak dan mengirim umpan silang mendatar, beruntung Willy Caballero menepisnya keluar, hanya menjadi tendangan sudut.

Pening karena super penting

Ini merupakan pertandingan super penting bagi Argentina setelah mereka tampil mengecewakan di laga pertama Grup D, imbang 1-1 lawan Islandia pekan lalu. Sementara bagi Kroasia, mereka sebenarnya hanya perlu mengamankan hasil imbang setelah menang 2-0 atas Nigeria terakhir kali.

Peramal pertandingan terkenal dari BBC, Mark Lawrenson atau biasa dikenal sebagai Lawro, mengatakan laga akan berlangsung lebih terbuka, kedua tim saling bertukar serangan tapi miskin gol, usai dengan skor 1-0 saja untuk kemenangan Argentina.

Kedua belah pihak telah saling bertemu sebanyak empat kali di masa lalu. Argentina memimpin dengan satu kemenangan setelah menang 2 kali, seri satu, dan kalah satu kali.

Sudah menit 8, pertandingan ini berjalan sesuai prediksi, sibuk, cepat, kedua arah, tapi Kroasia terlihat lebih menjanjikan. Menit 9 satu pelanggaran dari Tagliafico, menginjak kaki Mario Mandzukic. Tapi wasit Ravshan Irmatov (Uzbekistan) tidak ingin memprovokasi situasi.

Menit 10 strategi bermain Kroasia terlihat jelas di sini. Umpan dari Luka Modric sampai ke Ivan Rakitic di sisi kiri dan dengan cepat ia mengirim umpan lambung silang ke kanan, ke arah Vrsaljko. Tapi sayang umpan berikutnya ke Madzukic terlalu lemah dan berhasil dicegat. Taktik hebat, sayang belum gol.

Baca Juga:   Punya Si Genius Messi, Barca Difavoritkan Pochettino Juarai Liga Champions

Menit 15 Albicleste mengoper bola ke sana ke mari. Tapi seperti lupa bahwa ada dua gawang di ujung lapangan. Mirip Arab Saudi kemarin. Menit 19 Javier Mascherano mengasari Modric dan terkena peringatan. Para pemain Amerika Selatan mengerubungi wasit dalam gaya yang kurang sportif. Mulai panas, saudara-saudara.

Menit 22 Marcos Acuna menembak dan bola terasa menakutkan, tapi mendesis di atas mistar gawang tim Vatreni. Belum gol. Menit 27 satu usaha membawa bola yang sangat berbahaya dari Sergio Aguero, sayang umpannya disia-siakan oleh Maximiliano Meza, hanya menerpa sisi gawang. Tampaknya pemain Manchester City itu diplot menjadi pengganti Lionel Messi di depan, memanfaatkan ruang kosong yang diciptakan dengan menarik sang striker Barcelona sedikit mundur.

Sudah menit 37. Argentina dominan dalam penguasaan bola, mencapai 54%. Tapi justru The Blazers yang berhasil mencatatkan dua tembakan on target sejauh ini, meski belum satu pun berubah menjadi gol.

Menit 39 kartu kuning pertama untuk Ante Rebic setelah menginjak Salvio. Tapi manajer Jorge Sampaoli di pinggir lapangan mendemonstrasikan layar televisi, minta wasit Ravshan Irmatov memberi kartu merah.

Pada masa injury time babak pertama, Modric berhasil mengirim umpan pantas ke dalam kotak, tapi Ante Rebic gagal mengendalikan diri, menembak terlalu keras di atas mistar.

Kesimpulan babak pertama. Kroasia lebih unggul. Mereka berhasil menguasai lini tengah dan tak pernah berhenti mencari cara untuk menyerang. Perisic, Modric, dan Rakitic semuanya tampil sempurna.

Bandingkan kinerja mereka dengan Aguero, Messi, dan Perez. Mereka hampir tak pernah bisa menyentuh bola dan ketika mereka pun akhirnya bisa, tak banyak yang bisa dilakukan. Aguero bahkan tak satu kali pun sempat menyentuh bola dalam 21 menit terakhir paruh pertama. Menarik untuk mengamati adaptasi yang akan dilakukan Albiceleste pada babak kedua.

Baca Juga:   Lukaku vs Kane, Siapa Akhiri Tren Negatif?

Skenario lolos

Sekedar mengingatkan bahwa keempat tim di Grup D ini masih punya peluang lolos. Namun akan sangat berat bagi Argentina jika gagal menang malam ini. Dua laga dua imbang berarti hanya dua poin. Sementara Kroasia akan mengantongi 3 poin hasil menang lawan Nigeria dan draw malam ini. Islandia mengintai dan kemungkinan bisa meraih kemenangan lawan tim Afrika tersebut.

GOL malapetaka!

GOL bagi Kroasia! Argentina di ambang tersisih dari Piala Dunia 2018! Ante Rebic memanfaatkan kesalahan kiper Willy Caballero untuk mencetak gol bagi The Blazers. 0-1! Mengingat kemampuan mereka dalam mempertahankan gawangnya sepanjang babak pertama, akan sangat berat bagi Lionel Messi dan kawan-kawan untuk mencari gol penyama kedudukan.

Dalam satu serangan di menit 52, pemain belakang Albiceleste meneruskan umpan backpass pendek, sama sekali tidak berbahaya ke Caballero. Tapi apa yang kiper itu lakukan? Ia menendangnya ngawur sehingga jatuh ke depan Rebic, yang dengan mudah mengirim voli ke gawang Argentina yang kosong. Blunder besar!

Manajer Argentina merespons dengan menarik keluar Aguero dan memasukkan kaki segar Gonzalo Higuain. Selang dua menit Eduardi Salvio juga keluar, Cristian Pavon masuk. Selang 11-12 menit kemudian, Paulo Dybala masuk, mengorbankan Enzo Perez. Argentina serius mau mencari gol.

Menit 64 Max Meza! Ia menendang bola dari jarak sangat dekat tapi masih bisa diselamatkan kiper Subasic secara brilian. Tak bisa dipercaya bahwa itu gagal menjadi gol. Menit 66 giliran skuad Vatreni yang membuang peluang. Mandzukic disodori umpan matang dan ia menembak first-time ke gawang Caballero tapi usahanya meleset tipis di sisi gawang.

Sudah menit 80! Nasib Argentina di ujung tanduk! Harus ada setidaknya satu gol untuk menyelamatkan mereka. Dengan hanya satu poin dari dua pertandingan, kalau pun mereka menang di laga terakhir grup, poin 4, nasib mereka bergantung pada hasil dari laga lainnya.

Baca Juga:   Guardiola Senang Aguero Perpanjang Kontrak di City

GOL LAGI! MAMPUS!

Berat sudah. Di tengah usaha Argentina membalas, Kroasia malah menambahkan satu gol lagi melalui Luka Modric. Tembakannya dari luar kotak penalti. Mungkin Caballero kiper terburuk yang pernah dimiliki oleh Albiceleste. Skor 0-2.

Menit 90! Akankah kita menyaksikan tragedi malam ini? Sudah sulit bagi Argentina membalaskan dua gol. GOL LAGI untuk Kroasia oleh Rakitic! 0-3! Argentina lolos … ke airport. Siap-siap pulang!

Setelah injury time beberapa menit, wasit akhirnya meniup peluit panjang. Hasil Argentina vs Kroasia ditutup dengan skor akhir 0-3.

Susunan pemain Argentina vs Kroasia:

Argentina: Caballero, Mercado, Otamendi, Tagliafico, Salvio, Mascherano, Perez, Acuna, Messi, Aguero, Meza. Cadangan: Guzman, Ansaldi, Biglia, Fazio, Banega, Higuain, Di Maria, Rojo, Lo Celso, Dybala, Pavon, Armani.

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic, Rakitic, Brozovic, Rebic, Modric, Perisic, Mandzukic. Cadangan: Livakovic, Corluka, Kovacic, Kramaric, Jedvaj, Bradaric, Caleta-Car, Badelj, Pjaca, Pivaric, Nikola Kalinic, Lovre Kalinic.

Baca Juga :