Hasil Community Shield: Man City Juara Usai Kalahkan Liverpool via Adu Penalti

REKANBOLA – Manchester City berhasil memenangi Community Shield 2019. Mereka mengalahkan Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Duel Liverpool vs City tersaji di Stadion Wembley, Minggu (4/5/2019) malam WIB, The Citizens unggul terlebih dahulu melalui Raheem Sterling di menit ke-12. Si Merah membalas di babak kedua melalui sundulan Joel Matip, tepat pada menit. ke-75

Hasil imbang 1-1 membuat laga dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak tos-tosan City berhasil memenangi laga dengan skor 5-4.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim saling bertukar serangan di awal laga. City mengancam terlebih dahulu pada menit ke-3. 

Joe Gomez membuat kesalahan saat penguasaan bolanya berhasil direbut oleh Sterling. Ia lalu menyodorkan bola kepada Leroy Sane, tapi tembakannya melebar.

Di menit ke-6, Liverpool giliran menebar peluang lewat Roberto Firmino. Ia dengan tenang mengontrol bola di kotak penalti lalu melepas sepakan voli yang masih mampu diamankan Claudio Bravo.

The Citizens berhasil membuka keunggulan pada menit ke-12. Gol City bermula dari umpan panjang Kyle Walker yang menemui kepala Kevin De Bruyne di kotak penalti. Bola kemudian diteruskan David Silva ke Sterling yang langsung menyambarnya untuk menggetarkan jala Liverpool.

Lima menit berselang, Sterling nyaris kembali membobol gawang Si Merah. Ia terbebas dari pengawalan usai menerima sodoran bola dari De Bruyne. Namun sepakan kerasnya dengan gemilang ditepis oleh Alisson.

Setelah itu, kedua kubu sama-sama kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya. Skor 1-0 untuk City bertahan hingga babak pertama usai.

Tiga menit usai jeda, Sterling kembali menjadi momok bagi lini pertahanan Liverpool. Menerima umpan terobosan David Silva, ia berhasil lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan Alisson, tapi tendangannya menerpa tiang gawang.

Baca Juga:   Presiden Napoli Akui Jorginho Merapat ke Man City

Tak ingin tinggal diam, Liverpool yang berusaha menyamakan kedudukan menghasilkan dua peluang emas di waktu yang berdekatan. Pada menit ke-57, sepakan Virgil van Dijk menyambut sepak pojok Trent Alexander-Arnold masih menerpa mistar gawang.

Dua menit berselang,giliran tiang gawang City yang menggagalkan upaya Liverpool mencetak gol lewat tendangan jarak jauh dari Mohamed Salah. Pemain asal Mesir tersebut kembali beraksi di menit ke-69.

Ia berhasil menusuk dari sisi kanan lalu melepas sepakan keras. Kali ini usahanya mampu diredam oleh Bravo.

Kerja keras Liverpool untuk mencetak gol akhirnya berbuah hasil pada menit ke-78. Tendangan bebas Jordan Henderson tak sempurna dihalau oleh barisan belakang City.

Bola justru jatuh di kaki Van Dijk yang langsung melepas umpan ke depan gawang The Citizens. Matip menyambut dengan sundulan kepala untuk mengubah skor menjadi imbang 1-1.

Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit. Hal ini membuat pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak tos-tosan City berhasil memenangi laga dengan skor 5-4. Satu-satunya penendang yang gagal adalah gelandang Liverpool Gini Wijnaldum.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold (Joel Matip 67′), Joe Gomez, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Fabinho (Keita 67′), Henderson (Lallana 79′), Salah, Firmino (Shairi 79′), Origi (Oxlade Chamberlain 79′)

Manchester City: Bravo;Zinchenko, Otamendi, Stones, Walker; De Bruyne (Foden 89′), Rodri, David Silva (Guendogan 61′); Bernardo Silva, Sterling, Sane (Gabriel Jesus 13′)