Hasil Pertandingan Brasil vs Paraguay: Skor 0-0 (Penalti 4-3)

REKANBOLA – Tuan rumah Brasil menghadapi Paraguay di Arena do Gremio Porto Alegre pada babak perempat final Copa America 2019, Jumat (28/6). Tak ada gol sepanjang waktu normal, Brasil kemudian menang adu penalti 4-3.

Brasil sejatinya memiliki banyak peluang, terlebih setelah Paraguay kehilangan bek sentral Fabian Balbuena yang dikartu merah langsung pada menit 58, tapi mereka tak mampu menuntaskannya di waktu normal. Di babak adu penalti, Roberto Firmino yang merupakan penendang ke-4 Brasil gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Namun beruntung, eksekutor terakhir Gabriel Jesus tak melakukan kesalahan yang sama.

Brasil tanpa kemenangan dalam empat laga Copa America terakhir melawan Paraguay sebelum ini (M0 S3 K1). Dua pertemuan terkini (2011 dan 2015) semuanya sama-sama terjadi di babak perempat final, dan Brasil selalu disingkirkan Paraguay lewat adu penalti. Brasil sukses membalasnya sekaligus mengakhiri tren negatif tersebut.

Brasil lolos dari hadangan Paraguay. Brasil akan berhadapan dengan salah satu dari Venezuela atau Argentina di semifinal.

Brasil mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama dengan 67% penguasaan bola. Brasil juga mencatatkan lima buah tembakan, yang tiga di antaranya tepat mengawah ke gawang. Hanya sayang, peluang-peluang Roberto Firmino dan Everton Soares di menit-menit awal serta Philippe Coutinho beberapa menit sebelum jeda, semuanya dimentahkan oleh Roberto Fernandez di bawah mistar.

Sementara itu, satu peluang Paraguay melalui Derlis Gonzalez juga masih bisa dinetralisir oleh Alisson.

Tak ada gol di babak pertama, padahal memiliki sejumlah peluang, Brasil pantas kecewa. Para suporter mereka pun terlihat mulai gelisah. Tite perlu melakukan beberapa perubahan di babak kedua.

Baca Juga:   Legenda Arsenal Desak MU Permanenkan Solskjaer

Brasil mengawali babak kedua dengan pergantian pemain. Filipe Luis, yang sudah mendapatkan kartu kuning, diganti oleh Alex Sandro di pos bek kiri.

Brasil bermain lebih direct dibandingkan babak pertama. Hasilnya, pada menit 54, bek sentral Fabian Balbuena divonis melanggar Firmino. Awalnya, wasit Roberto Tobar asal Chile memberikan penalti, tapi mengubahnya jadi tendangan bebas setelah melihat VAR. Namun Balbuena diganjar kartu merah langsung karena pelanggarannya dianggap menghalangi peluang gol.

Hadiah tendangan bebas itu sendiri gagal dimanfaatkan menjadi gol oleh tuan rumah. Free kick mendatar kapten Dani Alves tak menemui sasaran.

Perlu lebih ofensif lagi, terutama setelah unggul jumlah pemain, Tite pun memasukkan penyerang sayap Willian untuk menggantikan gelandang bertahan Allan.

Serangan-serangan Brasil kembali menghasilkan beberapa kesempatan emas, tapi masih tak bisa dioptimalkan oleh Gabriel Jesus dan Everton. Masuk 10 menit terakhir, Tite mengganti Alves dengan Lucas Paqueta. Brasil terus menyerang, tetapi sundulan Sandro ditepis Fernandez, dan peluang Willian digagalkan tiang gawang. Saat injury time, Everton dan Coutinho juga menyia-nyiakan peluang emas yang mereka dapatkan.

Waktu normal berakhir, tak ada perpanjangan, pertandingan langsung berlanjut ke adu penalti.

Di babak adu penalti, Brasil mendapatkan awal yang ideal. Penendang pertama Paraguay, Gustavo Gomez, tembakannya bisa dibaca oleh Alisson. Setelah itu, Willian gol (1-0), Miguel Almiron gol (1-1), Marquinhos gol (2-1), Bruno Valdez gol (2-2), Coutinho gol (3-2), Rodrigo Rojas gol (3-3). Sesudahnya, Roberto Firmino dan Derlis Gonzalez sama-sama gagal. Majulah Gabriel Jesus sebagai eksekutor kelima Brasil, dan dia sukses menjalankan tugasnya dengan baik mengoyak gawang Paraguay. Brasil menang adu penalti 4-3 dan lolos ke semifinal.

Baca Juga:   Chelsea Disoraki Suporter di Stamford Bridge, Conte Nilai Wajar

Susunan Pemain dan Statistik

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Luis (kuning 44) (Sandro 46), Silva, Marquinhos, Alves (Paqueta; Allan (Willian 71), Arthur (kuning 84); Everton, Coutinho, Gabriel Jesus; Firmino (kuning 47).

Pelatih: Tite.

Paraguay (4-4-1-1): Fernandez; Alonso (kuning 37), Gomez, Balbuena (merah 58), Piris (kuning 34); Arzamendia (kuning 30) (Valdez 61), Ortiz, Sanchez (Escobar 78), Perez (Rojas 74); Almiron; Gonzalez.

Pelatih: Eduardo Berizzo.

Statistik Brasil – Paraguay

Ball possession: 71% – 29%
Shots: 21 – 4
Shots on target: 8 – 1
Kartu kuning: 3 – 3
Kartu merah: 0 – 1.