Honda CR-V Punya Rival Baru, Mesinnya Buatan BMW

REKANBOLA – Setiap negara memiliki keinginan agar industri otomotif mereka terus berkembang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kendaraan yang berstatus mobil nasional.

Di kawasan Asia Tenggara, saat ini hanya Malaysia yang bisa dikatakan sukses menghadirkan mobil nasional, yakni Proton. Indonesia sempat memiliki Timor, namun harus kandas akibat krisis ekonomi yang melanda di 1998.

Selain dua negara tersebut, ternyata Vietnam juga sibuk melakukan hal serupa. Dilansir dari Rekanbola, Rabu 12 September 2018, proyek mobil nasional tersebut diberi nama VinFast.

Dalam waktu dekat, dua mobil perdana mereka akan dipajang di pameran Paris Motor Show 2018, yang digelar awal Oktober mendatang. Satu berbentuk sedan, satu lagi sport utility vehicle atau SUV.

Ciri khas mobil mereka bisa dilihat dari tampak depannya. Grille dibuat menyerupai sayap, dengan tambahan aksen krom di sisi kiri untuk memberi kesan asimetris. Selain itu, kap mesin kedua model sengaja dibuat panjang, khas mobil-mobil dengan mesin bertenaga besar.

Tidak hanya bentuknya yang mirip mobil buatan BMW, namun kedua model tersebut juga memakai mesin pabrikan asal Jerman itu. Kodenya N20 dengan kapasitas 2.000 cc empat silinder turbocharger, yang dapat menghasilkan tenaga 174 daya kuda dan torsi 228 Newton meter.

Saat nanti resmi dihadirkan, model SUV akan menjadi pesaing ketat Honda CR-V, karena sama-sama mengusung mesin turbo dan mampu menampung tujuh penumpang.

 

Baca Juga:   Marquez Tercepat di Tes Australia, Rossi Kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *