Honor Play Cicipi OS Fuchsia

REKANBOLA – Huawei dilaporkan tengah menguji OS Fuchsia. Sistem operasi buatan Google ini coba dijalankan di ponsel Honor Play.

Kolaborasi Huawei dan Google telah terjalin cukup lama. Vendor ponsel asal China itu sempat dipercaya dalam pengembangan perangkat Nexus.

Jadi tidak heran bila keduanya kembali berkolaborasi. Walaupun bukan dalam pembuatan perangkat, melainkan pengembangan sistem operasi baru yang revolusioner.

Hal ini sudah terlaksana sejak tahun lalu, kala itu para engineer dari Huawei memposting public commits dari manajemen sumber kode Fuchsia Gerrit. Tapi tidak ada yang mengindikasikan rencana Huawei dalam pengembangan OS tersebut.

Hingga munculnya commits baru yang diposting Kamis malam (22/11), engineer Huawei mengungkap bahwa pihaknya telah bekerja untuk membuat OS yang berjalan pada perangkat berotak Kirin 970, dimulai dengan Honor Play.

Dalam pesan commits tersebut diketahui pula bahwa engineer berhasil mem-booot perangkat ke Zirkon, kernel Fuchsia. Sayangnya, mereka tidak menyinggung lapisan lain dari sistem operasi ini sehingga tidak diketahui apakah pengalamannya sama dengan Fuchsia yang telah diungkap selama ini.

Meski begitu, perubahan ini telah memberikan daya tarik berbeda dari sebelumnya. Honor Play menjadi perangkat Android komersial pertama yang diujicoba menjalankan Fuchsia, sementara Huawei menjadi perusahaan di luar Google yang memberi kontribusi pada projek open source ini.

Baca Juga:   Smartphone Kena Air? Begini Cara Mengatasinya Agar Tidak Mati