Hore, Mudik Lebaran 2018 Bisa Lewat Tol Jakarta-Surabaya

RekanBola – Pemerintah menargetkan pembangunan Tol Trans Jawa rampung pada akhir tahun ini. Bahkan tol yang menyambung dari Jakarta hingga Surabaya itu diprediksi sudah bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2018 nanti.

Hal itu disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa saat meninjau Tol Trans Jawa untuk persiapan arus mudik lebaran. Namun Royke tetap memberikan catatan.

“Memang (Tol Jakarta-Surabaya) sudah nyambung, tapi tidak semuanya operasional,” ujar Royke di Pintu Tol Brebes Exit atau Brexit, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018).

Apalagi ada beberapa penggal tol yang masih deviasi negatif. Meski begitu, beberapa spot pada proyek tol yang tengah dibangun diprediksi siap dilintasi saat arus mudik secara fungsional.

“Para pelaksana mengatakan itu akan selesai di pertengahan Mei atau akhir Mei. Paling lambat H-10, artinya tanggal 5 Juni selesai,” kata dia.

Jenderal bintang dua itu membeberkan, jalur Tol Trans Jawa yang sudah operasional yakni dari Jakarta hingga Pemalang. Namun masih ada beberapa penggalan tol antara Brebes-Pemalang yang masih fungsional atau sementara.

“Pemalang ke Semarang masih fungsional, kemudian di Jawa Tengah yang lain adalah dari Salatiga Tingkir sampai ke Kartosuro itu masih fungsional,” beber dia.

Begitu juga beberapa ruas tol di wilayah Jawa Timur, yakni Tol Ngawi-Kertosono yang masih fungsional. “Jadi infrastruktur yang ada pun masih sementara. Ini nyambung, tapi tidak semua operasional,” kata Royke.

Diharapkan keberadaan Tol Trans Jawa ini mampu mengurangi kepadatan lalu lintas akibat meningkatnya volume kendaraan saat mudik lebaran, terutama di kawasan Pantura.

Peninjauan jalur mudik lebaran di Tol Trans Jawa ini dilakukan tim Korlantas Polri di bawah pimpinan Irjen Royke Lumowa. Peninjauan dimulai dari Surabaya dengan menyusuri Tol Jombang-Mojokerto pada Rabu 4 April 2018 kemarin.

Baca Juga:   Nyamar mahasiswa, 2 pemuda di Palembang curi puluhan motor di kampus

Dalam kesempatan ini, Royke bahkan mencoba beberapa tol baru tersebut dengan mengendarai motor gede. Pengecekan jalur mudik pun dilanjutkan ke wilayah Jawa Tengah dan terus bergerak ke arah barat hingga berakhir di Jakarta.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga :