Ibu Hamil Boleh Minum Kopi Nggak Ya?

Rekanbola.com – Bagi penggemar kopi, hari tidak akan lengkap tanpa menyeruput minuman berwarna hitam itu. Nggak heran ketika yang bersangkutan hamil jadi bertanya-tanya boleh nggak ya minum kopi saat hamil.

“Iya ada yang bilang kalau nggak minum kopi nanti nggak bisa kerja,” ujar dr Benny Johan Maraung, SpOG, di sela-sela perayaan ulang tahun Orami yang ke-5 di Penang Bistro, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018).

Kata dr Benny, minum kopi saat hamil tidak dilarang, tapi ada batasannya yakni 1-2 cangkir kopi . Kopi sebenarnya punya efek baik karena bisa membuat aliran darah jadi lebih baik. Jangan sampai berlebihan ya, Bun, soalnya bisa mengganggu absorbsi kalsium pada ibu hamil.

“Ini sebenarnya sama seperti teh, ada kafenina, kafein yang lebih kecil dari kopi. Minumnya perlu dikasih batasan,” sambung dokter yang berpraktik di Brawijaya Hospital dan RS Asih ini.

Sebelumnya dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Obesity disebutkan anak yang lahir dari ibu hamil yang hobi mengonsumsi kafein, 89 persen lebih cenderung mengalami kegemukan, dibanding anak yang ibunya tidak mengonsumsi kafein. Meski memang belum bisa dikatakan kopi adalah satu-satunya penyebab anak berisiko obesitas di kemudian hari ya, Bun.

Selain itu, penelitian pada 60 ribu ibu hamil di Norwegia selama 10 tahun menyebut konsumsi kopi berlebihan saat hamil berisiko memicu kelahiran bayi dengan berat badan terlalu rendah. Hasil perbandingan menunjukkan konsumsi kopi dengan kandungan kafein 200-300 mg berisiko menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang dikategorikan kecil.

Selain itu konsumsi kopi yang berlebihan juga ditengarai bisa membuat usia kehamilan 62 persen ibu jadi lebih panjang. Meskipun sebelumnya ada penelitian yang mengatakan konsumsi kopi justru bisa memicu kelahiran prematur.

Baca Juga:   10 Cuitan kalau jomblo ikut Pilkada ini bikin ketawa miris

The American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan ibu hamil mengonsumsi kopi nggak lebih dari 200 mg per hari.

Yang jelas kata dr Benny, ibu hamil perlu kritis. Apapun yang akan dias, kita harus pertimbangkan juga bahwa asupan itu akan diasup juga oleh janin.

“Hamil itu seperti building home. Pasangan suami istri lagi bangun rumah, entah yang premium atau medium. Kalau ingin premiumya bahan bangunannya harus premium,” pesan dr Benny.

Kopi memang cairan yang mungkin bisa memenuhi kebutuhan caian ibu hamil, tapi nggak bisa jadi andalan juga, Bun. Soalnya kopi juga bersifat diuretik. Nah, kebutuhan cairan ibu hamil paling baik dipenuhi dari air putih.

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo