Ilmuwan: Pelupa adalah Tanda Anda Sangat Cerdas

REKANBOLA – Jika Anda salah satu dari orang-orang yang sering lupa akan sesuatu, Anda mungkin sering mengkhawatirkan masalah ini. Tetapi sebenarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kenapa?

Ya, sifat pelupa sebenarnya adalah tanda bahwa otak Anda berfungsi lebih baik dari yang Anda kira. Ini dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan kembali pada tahun 2017 di Neuron.
Sifat pelupa tidak selalu terhubung dengan penyakit tertentu, seperti demensia atau Alzheimer. Masalah ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sebenarnya adalah orang yang cukup cerdas dan pintar.
Tim peneliti dari Universitas Toronto dan Rumah Sakit SickKids memutuskan untuk membuktikan hal ini. Mereka berusaha menemukan hubungan antara sifat pelupa dengan kesehatan dan fungsi otak.
Ya, ternyata kita harus melupakan beberapa informasi dan menyediakan beberapa ruang untuk menghadapi peristiwa dan keadaan baru. Otak sebenarnya menghabiskan banyak energi ketika Anda menambahkannya dengan informasi baru. Ini berarti, otak Anda perlu melupakan beberapa informasi yang tidak penting untuk menjadikan informasi baru sebagai prioritas.
Jika Anda lupa akan hal-hal sederhana, seperti lupa menaruh kunci, atau lupa dengan tanggal di mana Anda akan bertemu dengan seseorang, ini sebenarnya bukanlah masalah yang serius. Ini bisa terjadi pada siapa saja dan ini tidak berarti Anda menderita kehilangan ingatan.
Adapun tanda-tanda dari gangguan kehilangan memori patologis, di antaranya adalah
  • Terus-menerus lupa akan hal sehari-hari
  • Lupa nama orangtua atau benda
  • Lupa angka
  • Lupa kalimat Anda saat berbicara
  • Lupa informasi penting dari percakapan sebelumnya
  • Merasa tersesat di tempat-tempat yang Anda tahu

 

Jangan selalu memikirkan hal terburuk ketika sesuatu terjadi pada Anda. Adalah hal normal jika Anda lupa akan sesuatu. Pikiran kita penuh dengan segala hal yang membuatnya lebih sulit untuk mengingat hal-hal sederhana. Namun, jika Anda benar-benar percaya bahwa Anda memiliki beberapa kelainan, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca Juga:   Apakah Orgasme Setiap Hari Bagus Bagi Kesehatan? Ini Kata Para Ahli..