Indonesia Raih Emas ke-10 Asian Games 2018 dari Cabang Tenis

Rekanbola – Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi merebut medali emas ganda campuran tenis Asian Games 2018. Mereka meraihnya setelah mengalahkan Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum 6-4, 7-5, 10-7 pada final di lapangan tenis JSC, Palembang, Sabtu (25/8/2018).

Ini adalah emas pertama cabor tenis bagi Indonesia sejak Asian Games 2002. Ketika itu regu putri yang menempati podium pertama.

Christopher/Aldila juga mengikuti jejak Yayuk Basuki/Hary Suharyadi (1990) sebagai ganda campuran Indonesia yang merebut emas Asian Games.

Kemenangan ini juga mengobati kegagalan Christopher/Aldila di nomor lain. Berpasangan dengan Justin Barki, Christopher langsung tersisih di babak dua ganda putra.

Sedangkan Aldila melangkah hingga perempat final tunggal putri Asian Games 2018.

Baca Juga : 2 Pesilat Indonesia Lolos ke Final Kelas Seni Asian Games 2018

Jalan Pertandingan

Christopher/Aldila mematahkan servis Ratiwatana/Luksika di gim ketiga dan kelima untuk mendominasi set pertama. Penampilan agresif Christopher di depan net menjadi kunci kesuksesan pasangan Indonesia. Sementara Aldila bermain stabil di baseline.

Ratiwatana/Luksika sempat memberi perlawanan dengan merebut dua gim berikutnya. Namun, kedua pasangan kemudian merebut masing-masing gim dan Christopher/Aldila merebut set pertama.

Christopher/Aldila menjaga momentum dan memenangkan dua gim pertama. Meski begitu, Ratiwatana/Luksika berhasil membalikkan kedudukan 3-2.

Luksika kemudian mendapat perawatan karena bola mengenai mata. Walau dalam keadaan begitu, pasangan Thailand mampu memperlebar keunggulan.

Dalam kedudukan 5-3 dan 40-30, Ratiwatana/Luksika tidak mampu mengamankan kemenangan. Christopher/Aldila sukses menyamakan skor 5-5.

Sayang, perjuangan itu berakhir sia-sia karena duo Thailand mengamankan dua gim berikutnya.

Baca Juga :Karate Asian Games 2018: Ahmad Zigi Zaresta Sumbang Medali Perunggu

Set Penentu

Di set penentu, Christopher/Aldila memimpin 3-0, 5-2, 7-4. Namun, Ratiwatana/Luksika mampu menyamakan kedudukan 7-7.

Dalam kondisi tertekan, Christopher memenangkan dua poin tambahan sebelum Aldila memastikan kemenangan Indonesia.

Baca Juga:   Djokovic ke Final Wimbledon Usai Kalahkan Nadal dalam Lima Set