Ingin Gaji Tak Habis Sampai Akhir Bulan? Ini Rahasianya

Rekanbola – “Gaji cuma numpang lewat doang nih,” atau “Duh, pinjem duit dulu dong, belum gajian,” Kalian pasti familiar dengan percakapan itu, terutama jika sudah mendekati akhir bulan.

Sebenarnya berapa pun besaran nominal gaji kalian, jika tidak pandai mengatur, maka ujung-ujungnya akan mentok pada percakapan poin kedua, “Pinjem duit dulu dong.” Ayo siapa yang masih suka begitu? Ngaku deh.

Bila kamu menghadapi hal ini, sudah saatnya introspeksi dengan mengubah gaya hidup agar gaji bulanan bisa awet hingga detik terakhir. Caranya simpel banget kok. Ikutin tips dan triknya ini ya!

Menabung
Menabung nggak harus nominal besar kok. Intinya kalian cuma butuh konsistensi. Biar lebih tertata, sebaiknya kalian membagi uang tabungan segera setelah menerima gaji. Sisihkan 10 persen dari gaji sudah cukup, asal rutin dilakukan setiap bulan.

Ilustrasi hemat /Pexels.com

Cicilan

Setelah menabung, hal berikutnya jelas bukan foya-foya, tapi dahulukan cicilan kalian. Ini untuk menghindari keteteran di pertengahan bulan. Nggak mau kan, setelah bayar cicilan trus kita jadi ngirit sampai pailit?

ilustrasi cicilan/pexels.com

Sediakan uang tunai alias duit cash

Kurangi kebiasaan membayar dengan kartu, karena secara tidak langsung itu akan membangun kebiasaan boros buat kita. Mulai sekarang, ada baiknya jika kita bawa uang cash kemana-mana. Tapi jangan dengan nominal besar ya, karena peluang kebablasannya juga besar. Bawa uang cash secukupnya saja.

ilustrasi kartu kredit/pexels.com

Membawa bekal

Yup, ini juga alternatif berhemat ala Dewiku.com. Dengan membiasakan diri bawa bekal dari rumah, kalian otomatis bisa menekan pengeluaran untuk biaya makan diluar. Selain hemat, bawa bekal dari rumah juga lebih terjamin karena standar kebersihan dan gizinya sesuai dengan yang kita inginkan.

Baca Juga:   10 Seleb K-Pop paling bersinar sepanjang tahun 2017, ada idolamu?
ilustrasi bekal/pinterest.com

 

 

(Sumber : Suara.com)