Ingin Ganti iPhone Lawas ke iPhone XR? Pertimbangkan 5 Hal Ini

REKANBOLA – iPhone keluaran terbaru biasanya lebih cepat dan memiliki fitur yang lebih canggih, hasil penyempurnaan dari iPhone sebelumnya.

Namun kadang tidak selamanya begitu. iPhone 8 Plus dan iPhone XR misalnya, walau keduanya hanya berselang 1 tahun, namun iPhone 8 Plus dan iPhone XR memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

KompasTekno merangkum 5 keunggulan iPhone 8 Plus dan 5 keunggulan iPhone XR sebagai pertimbangan jika pengguna iPhone keluaran 2017 itu ingin ‘upgrade’ ke handset Apple terbaru.

Keunggulan iPhone 8 dibanding iPhone XR

Pada iPhone 8 Plus, terdapat lima kelebihan yang tidak ditemui di iPhone XR. Berikut adalah lima kelebihan tersebut.

3D Touch

Pengguna harus siap-siap menerima kehilangan fitur 3D Touch yang masih ada di iPhone 8 Plus jika membeli iPhone XR. Sebab, iPhone itu telah menggantinya dengan Haptic Touch, fitur yang akan memberikan feedback getaran jika menekan sebuah ikon aplikasi.

Sejatinya, 3D Touch adalah fitur untuk memunculkan opsi tambahan dari sebuah aplikasi lewat seberapa keras pengguna mengklik ikon aplikasi itu.

Layar

Kedua, layar iPhome 8 Plus lebih mumpuni. Ponsel itu memiliki layar resolusi Full HD 1080p, tepatnya 1080×1920 dengan kerapatan piksel 401. Ukuran itu lebih besar dari iPhone XR yang resolusinya hanya HD 720p, atau tepatnya 828 x 1792 dengan kerapatan piksel 326.

Tombol fisik Home

Kehadiran tombol fisik ‘home button’ yang biasa digunakan pengguna untuk navigasi pun dikutip sebagai kelebihan ketiga. iPhone XR tidak memiliki tombol fisik, melainkan digantikan dengan navigasi melalui gestur jari.

Touch ID

Dengan adanya tombol fisik itu juga otomatis menjadikan iPhone 8 Plus unggul pada sisi sensor sidik jari, biasa disebut TouchID. Di iPhone XR, absennya tombol fisik membuat ponsel tersebut hanya disematkan keamanan FaceID.

Baca Juga:   Apa makna "R" di iPhone XR?

Kamera

Kelebihan terakhir yaitu segi kamera. iPhone 8 Plus memiliki 2 kamera di belakang, sementara iPhone XR memiliki 1 kamera yang keduanya sama-sama beresolusi 12 megapiksel.

Walaupun iPhone XR diklaim memiliki software lebih bagus untuk proses foto, ketiadaan kamera telephoto disebut sebagai kekurangan XR.

Keunggulan iPhone XR dari iPhone 8 Plus

Nah, menimbang fitur tersebut di atas itu hanya tentang fitur yang nantinya akan bikin rindu pengguna iPhone tombol fisik, iPhone XR juga sebenarnya layak dipilih dari iPhone 8 Plus, atau jika ada yang ingin ‘upgrade’, dengan beberapa kelebihan pula yang mengalami peningkatan dari versi sebelumnya.

Chipset

Pertama, chip (SoC) yang digunakan adalah A12, chip yang terbaik pada smartphone yang ada saat ini. A12 juga mengalami beberapa peningkatan performa seperti pada pemrosesan foto dan multi-tasking yang lebih cepat dari A11 yang tersemat di iPhone 8 Plus.

Baterai

Dengan tersematnya SoC itu, kelebihan kedua iPhone XR pun muncul. iPhone XR menjadi lebih efisien dalam memakan kekuatan baterai sebesar 2.942 mAh, lebih besar dari iPhone 8 Plus yang memiliki 2.691 mAh. Pabrikan Cupertino itu juga mengklaim XR lebih tahan lama 90 menit dari iPhone 8 Plus.

Layar bezelles

Kelebihan ketiga XR lainnya terlihat jelas pada rasio layar ke body atau bezel. Dikutip dari Phonearena, XR memiliki rasio layar ke bezel sebesar 79.24 persen, lebih tinggi daripada 8 Plus dengan 67.47 persen.

Warna

Selain bezel yang lebih tipis, pilihan warna yang ceria pun dinilai sebagai kelebihan XR keempat. iPhone XR tersedia dalam warna hitam, putih, biru, merah, dan coral. Sementara itu, 8 Plus hanya tersedia dalam space gray, silver, emas (gold), dan merah.

Baca Juga:   Apple Pangkas Produksi iPhone XS, XS Max dan XR?

Speaker

Kelebihan terakhir ada pada sisi speaker iPhone XR yang telah memiliki dual speaker (stereo) yang ditingkatkan.

Kualitas yang dihasilkan juga lebih diklaim lebih bagus dari iPhone 8 Plus walaupun sama-sama memiliki stereo speakers, seperti dihimpun Rekanbola.com dari PhoneArena.

Itulah rangkuman kelebihan yang dimiliki kedua handset. Walaupun sama-sama memiliki beragam fitur Apple, namun kelebihan dan kekurangan itu akan mengikuti kebutuhan sang pengguna.

Sebagai informasi, untuk harga, dikutip dari situs resmi Apple, iPhone XR yang awal pekan ini dirilis ke pasar dibanderol dengan harga 749 dollar AS atau (sekitar Rp 11,3 juta).

Sementara itu harga iPhone 8 Plus saat ini dibanderol dengan harga 699 dollar AS (sekitar Rp 10,6 juta).