Ini Cara Minum Teh Hijau Agar Nutrisi Terserap Baik di Tubuh

rekanbola – Teh hijau menjadi minuman kesehatan dan kebugaran yang cukup populer, kendati terdapat waktu yang tepat untuk menikmatinya agar nutrisi yang tersedia dapat terserap baik oleh tubuh.

Tidak seperti varietas teh lain, teh hijau tidak melalui proses oksidasi sehingga membuatnya lebih sehat. Teh hijau juga kaya mineral, vitamin dan memiliki sifat anti-radang dan menurunkan resiko penyakit jantung serta jenis kanker tertentu.

Minuman ini juga dianggap alternatif minuman sehat sejak zaman kuno, dipercaya berkhasiat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Teh ini juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut waktu yang tepat untuk minum teh hijau: Jangan minum terlalu pagi Minum teh hijau dengan perut kosong di pagi hari dapat memiliki efek berbahaya pada hati karena kandungan kafein yang tinggi di dalamnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada suplemen diet dengan ekstrak teh hijau menemukan, ketika diminum saat perut kosong, dapat memiliki efek buruk pada hati karena teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin.

Jumlah teh hijau yang dikonsumsi harus dipantau. Konsentrasi katekin yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Untuk itu, minum teh hijau di pagi hari sekitar jam 10 hingga jam 11 pagi atau di awal malam. Minum di sela-sela waktu makan Anda bisa meminum secangkir teh hijau di sela-sela waktu makan, misalnya dua jam sebelum atau sesudahnya untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan penyerapan zat besi.

Jika Anda seorang penderita anemia, hindari minum teh hijau bersama dengan makanan. Menurut National Cancer Institute, katekin antioksidan yang ada dalam teh hijau menghambat pencernaan dan penyerapan zat besi dari diet Anda.

Baca Juga:   Usai Belanja Banyak, Juventus Mulai Lakukan Obral Pemain

Minum sebelum olahraga Teh hijau dapat membantu membakar lebih banyak lemak karena adanya kafein yang dapat meningkatkan energi Anda sehingga bisa berolahraga lebih lama.

Dua jam sebelum tidur Teh hijau bukanlah minuman sebelum tidur karena mengandung kafein yang justru mengganggu tidur. Teh hijau juga mengandung asam amino yang disebut L-Theanine yang akan membuat terjaga dan berkonsentrasi lebih baik.

Teh hijau sebaiknya tidak diminum sebelum tidur, dan sebaiknya diminum pada awal malam atau dua jam sebelum tidur, demikian dilansir Boldsky.