Ini cara mudah bikin ketan durian, dessert manis yang lumer di mulut

Rekanbola.com – Buah berduri yang satu ini memang terkenal dengan aroma dan rasanya yang begitu khas. Bahkan karena aroma menyengatnya ini di beberapa tempat dilarang untuk membawa masuk buah yang termasuk dalam suku Malvaceae ini.

Buah durian termasuk ke dalam salah satu jenis buah yang cukup populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Walau tidak sedikit orang yang kurang menyukai buah ini karena aroma dan tekstur buahnya yang lembek. Padahal rasa manis dari buah ini cukup memanjakan lidah.

Durian juga kerap kali disebut sebagai rajanya buah-buahan. Maka bukan hal yang mengherankan jika harga dari buah ini cukup mahal. Tidak hanya dimakan secara langsung, buah durian juga sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah ketan durian.

Nah kali ini brilio.net mau kasih tahu resep dan cara membuat ketan durian lumer yang dilansir dari cookpad.com, Jumat (23/2).

Bahan ketan:
1. 500 gr beras ketan
2. 500 ml air santan
3. Daun pandan secukupnya
4. 1/4 sdt garam

Bahan fla durian:
1. 300 gr daging durian, haluskan
2. 500 ml air santan kelapa
3. 1/2 sdt vanili bubuk
4. 1/4 sdt garam
5. 6 sdm gula pasir, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing
6. 150 ml susu kental manis
7. 4 sdm maizena campur dengan 3 sdm air biasa

Cara membuat:

1. Rendam beras ketan kurang lebih selama 2 jam agar ketannya lebih kenyal.

2. Setelah direndam, cuci beras ketan lalu kukus dengan saun pandan selama kurang lebih 25 menit hingga tekstur ketan agak lengket atau setengah matang.

 

Baca Juga:   Tanda-tanda Kamu Mengidap Orthorexia, Terobsesi Makanan Sehat

3. Masak santan, gula pasir, dan garam sampai mendidih dengan api sedang, setelah mendidih masukkan beras ketan yang dikukus tadi. Masak hingga santan menyusut dan meresap dalam ketan. Angkat dan dinginkan.

 

4. Kukus lagi ketan sampai benar-benar matang sempurna selama 25 menit dengan api sedang.

 

5. Untuk membuat fla durian, pertama masak santan, daging durian, gula pasir, garam, vanili dan susu kental manis dalam wadah di atas kompor dengan api sedang. Setelah mendidih masukkan maizena, kecilkan api dan aduk terus sampai benar-benar matang, angkat dan dinginkan.

 

 

6. Bungkus ketan dan fla durian dengan takir daun pisang atau pandan. Lalu kukus lagi atau bisa juga langsung dimasukkan ke kulkas.

 

7. Ketan durian lumer pun siap disajikan. Selamat mencoba!

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo

ok sama2 boss 🙂