Ini Nih yang Bikin Mobil 7-Seater Laris di Indonesia

Rekanbola – Banyak hal yang bisa dibicarakan mengenai Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh tepat pada hari ini, Jumat (29/6/2018). Salah satunya mungkin adalah,

mengapa mobil keluarga 7-penumpang selalu menjadi pilihan utama warga Indonesia, padahal saat digunakan tidak semua kursi terisi penuh?

Jenis mobil yang ditawarkan di Indonesia beragam. Ada yang berukuran kecil atau biasa dikenal city car, sedan, berukuran sedang seperti MPV (Multiple Purpose Vehicle), sampai yang rada besar atau biasanya berjenis SUV (Sport Utility Vehicle).

Tapi kalau diperhatikan, hanya ada satu jenis mobil yang terus meningkat popularitasnya yaitu MPV khususnya yang bermuatan 7-penumpang.

Hal ini rupanya tak lepas dari filisofi atau pemikiran yang dianut dengan kental oleh masyarakat Indonesia. Beberapa waktu lalu, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan filosofi tersebut adalah ‘Mangan Ora Mangan asal Ngumpul’.

“Menurut kami selama masyarakat Indonesia masih punya filosofi mangan ora mangan asal ngumpul maka 7-seater akan menjadi pilihan utama,” katanya di Gandaria City Mall, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Selain itu, mobil tersebut juga dikatakan bisa mengangkut banyak barang dalam macam-macam keperluan.

Melihat negeri sebelah yaitu Malaysia, prilaku tersebut cukup berbeda. Orang di Malaysia lebih menyukai mobil yang efisien. Maksudnya, jika mobil hanya digunakan untuk keluarga kecil atau dikendari sendiri, tak perlu membeli mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak.

“Di Malaysia sudah berubah dengan bertumbuhnya masyarakat yang berpendidikan tinggi dan pakai logika. Kalau sehari-hari pergi pakai mobil hanya sendiri atau berdua, buat apa kita beli mobil 7 seat, sehingga di malaysia city car dominan,” kata Amel.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dari tahun ke tahun, penjualan MPV terus meningkat. LMPV misalnya jika pada tahun 2016 terjual sebanyak 249.927 unit, jumlahnya naik pada tahun 2017 menjadi sebanyak 253.808 unit

Baca Juga:   MAXI Yamaha & Sport Expo Makin Disukai Masyarakat

 

 

( Sumber : Oto.detik )