Ini Penjelasan Samsung Soal Pendingin Air di Galaxy Note 9

Rekanbola – Sistem pendingin yang ada di dalam Samsung Galaxy Note 9 sempat menjadi bahan perbincangan banyak orang, dan kebanyakan dari mereka mempertanyakan bagaimana cara kerja Water Carbon Cooling System yang diterapkan oleh Samsung itu.

Ketimbang membuat orang kebingungan, Samsung pun akhirnya menjelaskan sistem pendingin tersebut secara visual dan dengan bahasa yang mudah dimengerti, yang dipublikasikan Samsung melalui situs resminya.

Sesuai namanya, Water Carbon Cooling System menggunakan air sebagai salah satu media pendinginnya. Air itu berubah menjadi uap ketika prosesor memanas, kemudian dialirkan melalui pipa berbahan tembaga, dan kembali menjadi air ketika suhunya sudah cukup dingin.

Kemudian nama Carbon mengacu pada Thermal Interface Material (TIM) yang berlokasi tepat di atas chip, dan fungsinya untuk menghantarkan panas menuju ke thermal spreader berbahan tembaga. Menurut Samsung, material carbon fiber yang dipakai di TIM ini 9x lebih kuat dalam menghantarkan panas dibanding silikon, sehingga material inilah yang dipakai.

Karena ukuran chipnya yang kecil, jumlah carbon yang dipakai di sini pun sangatlah sedikit, dengan lapisan yang tipis (mungkin dalam ukuran mikron). Sehinga wajar saja jika material ini sulit terlihat oleh mata, namun fungsinya jelas, yaitu membantu pendinginan chip prosesor.

(Kredit : www.detik.com)

Baca Juga:   OS iOS 11 Ternyata Banyak Tak Disukai Pengguna IPhone