Ini PR dari Jokowi dan Rini ke Dirut Baru Pertamina

Rekanbola – Nicke Widyawati resmi menduduki posisi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Menteri BUMN Rini Soemarno menunjuk Nicke lantaran pengalaman Nicke dalam menggarap proyek-proyek besar.

Rini bilang, ditunjuknya Nicke sebagai Dirut baru Pertamina diharapkan mampu menggenjot produksi dalam negeri, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bapak Presiden juga tekankan, bagaimana ini Pertamina kok impornya besar terus. Padahal kan bagaimana harus seoptimal mungkin harus memanfaatkan minyak yang dari dalam negeri,” kata Rini di sela kunjungan kerjanya ke Palembang, Rabu (29/8/2018).

“Bahwa mungkin harus ada blending-nya (kombinasi), karena mengingatrefinery (kilang) kita harus ada formulanya, spesifikasi minyaknya berbeda-beda, tapi kan bisa di-blend,” tambahnya.

Rini pun menargetkan Pertamina bisa menyerap semua produksi minyak dalam negeri pada tahun depan. Harapannya agar komposisi dalam negeri dengan impor lebih baik.

“Jadi targetnya tahun depan itu, minyak yang diproduksi di Indonesia bisa diserap semua sama Pertamina, sehingga kita hanya mengambil tambahan blending dari luar, makin kurangi impor. Jadi tanggung jawabnya bu Nicke ini makin berat,” tutup Rini.

Baca Juga:   Sandiaga Sebut Amien Rais Ayatollah Reformasi