Ini Sebab Iriana Tak Dampingi Jokowi Sambut Raja Salman

Rekanbola.com – Selama tiga malam berada di Jakarta, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bertemu dengan banyak pihak. Tapi, dari sekian banyak acara, Ibu Negara Iriana justru tak tampak mendampingi Presiden Joko Widodo. Mantan presiden Megawati dan putrinya, Puan Maharani, malah sempat mengadakan pertemuan khusus dengan sang raja.

Mengapa Iriana tak ikut mendampingi Jokowi menemui Raja Salman?

“Oh, itu beda. Sepengetahuan saya, Ibu Megawati bertemu sebagai putri Presiden Sukarno. Raja Salman itu pernah bertemu dengan Bung Karno. Beliau punya memori dan kesan khusus,” kata Unsil Habieb, pejabat staf KBRI di Riyadh, saat berbincang dengan Rekanbola.com, Selasa (7/3/2017).

Ini Sebab Iriana Tak Dampingi Jokowi Sambut Raja Salman

Selama menjadi Gubernur Riyadh, lanjut Unsil, yang menjadi staf KBRI sejak 1990, setiap kali bertemu dengan para pejabat RI, Salman pasti menyambutnya dengan ramah.

“Selamat datang, Saudara-saudaraku! Ucapan ‘saudara-saudara’ itu merujuk pada pidato Presiden Sukarno saat ke Saudi pada 1955,” kata Unsil.

Ini Sebab Iriana Tak Dampingi Jokowi Sambut Raja Salman

Kembali ke soal ketidakhadiran Ibu Negara Iriana, sarjana lulusan Universitas Islam Madinah itu menilainya sebagai bagian dari etika diplomatik. Karena Raja Salman saat melakukan kunjungan resmi tak menyertakan Permaisuri, Presiden Jokowi pun tak didampingi Iriana.

“Jadi ketidakhadiran itu sebetulnya sebuah bentuk penghormatan terhadap Raja,” ujar Unsil, yang juga menjadi salah satu penerjemah Presiden Jokowi.

Tapi, saat kunjungan Raja Faisal bin Abdulaziz pada 10-12 Juni 1970, Ibu Tien Soeharto tampak hadir mendampingi Presiden Soeharto saat jamuan makan di Istana Negara. Dalam video dokumentasi kunjungan Raja Faisal milik Arsip Nasional yang diputar di DPR, Ibu Tien tampil berkebaya warna terang. Padahal kala itu Raja Faisal datang tanpa disertai Permaisuri.

 

Baca Juga :

  1. Antisipasi Korut, AS Pasang Sistem Pertahanan Rudal Thaad di Korsel
  2. Raja Salman Perpanjang Liburan, 3 Pesawat Saudi Tetap di Ngurah Rai
  3. Peluncuran Nokia 3310 Reborn Dianggap Lucu
Facebook Comments