Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Rekanbola – 21 April 2018 lalu diperingati sebagai Hari Kartini 2018. Seperti yang kita ketahui, RA Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi yang menyatakan bahwa wanita sederajat dengan pria. Kontribusinya dalam kebangkitan nasional pada masa itu begitu besar dan ia menjadi sosok perempuan yang dikagumi sampai sekarang.

Memang Kartini sudah lama meninggal, tapi bukan berarti Indonesia sekarang tidak memiliki wanita sehebat Kartini. Nyatanya ada banyak sekali perempuan tanah air di jaman sekarang yang sangat dikagumi karena mereka berkontribusi besar dalam pembangunan negara. Seperti halnya wanita-wanita berikut ini.

Mereka layak disebut Kartini modern karena mereka memiliki tekad dan jiwa seperti Kartini. Para wanita ini memiliki banyak prestasi gemilang dan banyak dikagumi oleh masyarakat Indonesia. Siapa sajakah mereka? Berikut 7 wanita hebat Indonesia yang merupakan cerminan Kartini versi rekanbola.com

7. Susi Pudjiastuti

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Susi Pudjiastuti mulai dikenal publik sejak menjabat jadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Dia terkenal dengan kebijakan-kebijakannya yang berani. Meski ia hanya lulusan SMP, tapi siapa sangka perempuan berusia 53 tahun ini bisa meraih kesuksesan yang gemilang.

Pada tahun 1996, dia mendirikan pabrik pengelolaan ikan, yaitu PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Kemudian ia juga mendirikan maskapai penerbangan Susi Air. Setidaknya ada 50 pesawat yang dimiliki oleh maskapai Susi.

6. Dian Pelangi

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Wanita kelahiran Palembang ini dikenal sebagai desainer muda yang mendirikan Dian Pelangi Fashion, perusahaan yang bergerak di bidang busana Muslim. Eksistensi busana Dian Pelangi tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di mancanegara.

Pada tahun 2009, pemilik butik Dian Pelangi itu bergabung dengan Asosiasi Perancangan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan menjadi anggota termuda kala itu. Majalah Forbes saja bahkan pernah menobatkan Diang sebagai salah satu dari 30 anak muda Asia paling berpengaruh di dunia.

Baca Juga:   Usai Akuisisi Fox, Bos Disney Berencana Pensiun 2021

5. Butet Manurung

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Butet Manurung layak disebut cerminan Kartini karena dedikasinya memfasilitasi pendidikan di suku pedalaman. Sejak tahun 2003, pemilik nama asli Saur Marlina Manurung ini merintis sekolah untuk masyarakat suku Kubu di Jambi yang bernama Sekolah Rimba.

Karena dedikasinya itu, ia pernah mendapat penghargaan sebagai wanita paling berpengaruh ke-11 di Indonesia versi majalah Globe Asia pada 2007.

4. Sri Mulyani Indrawati

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Sri Mulyani Indrawati menjadi wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Dunia. Karena prestasi besarnya itu, ia dikenal sebagai Kartini modern yang turut membantu mengembangkan perekonomian negara.

Wanita kelahiran Bandar Lampung yang kini menjabat sebagai Menteri Keuangan itu juga sudah meraih banyak penghargaan besar lainnya. Seperti Menteri Keuangan terbaik di Asia Pasifik pada 2018 versi majalah FinanceAsia.

Majalah Forbes juga pernah menobatkannya sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia.

3. Agnez Mo

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Penyanyi cantik Agnez Mo menjadi wanita paling dikagumi masyarakat Indonesia. Dia menjadi inspirasi banyak orang untuk berani melebarkan melebarkan sayap dan jangan menyerah pada mimpi. Dia juga jadi salah satu penyanyi wanita yang go international dan sudah menoreh banyak penghargaan.

2. Najwa Shihab

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Siapa sih yang tidak kenal Najwa Shihab? Ya, masyarakat Indonesia pasti mengenal wanita yang akrab disapa Nana ini sebagai pembawa acara dalam Mata Najwa. Publik mengaguminya sebagai sosok perempuan yang cerdas, objektif dan berani.

Sepanjang karirnya, Nana sejauh ini sudah banyak meraih penghargaan, baik itu tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2015, Najwa Shihab berhasil meraih penghargaan Presenter Talkshow & Informasi Terfavorit Panasonic Globe Awards.

Baca Juga:   Seorang Gadis Berambut Pendek Mengubah Pandangan Dunia Terhadap Wanita Vietnam!

Kemudian majalah Elle pernah memberikan penghargaan kepada Nana sebagai Wanita Paling Berpengaruh pada 2016. Majalah Forbes juga menobatkannya sebagai Wanita Paling Progresif tahun 2015.

1. Tri Rismaharini

Inilah 7 Wanita Hebat Indonesia yang Layak Disebut Kartini Modern

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikenal sebagai sosok pemimpin yang sederhana, berani dalam mengambil keputusan yang berat dan selalu mengayomi masyarakat sepenuh hati.

Salah satu prestasi terbesar Risma selama menjabat jadi wali kota, yaitu keberaniannya menutup lokalisasi terbesar di Asia Tenggara, Dolly. Keberaniannya itu sontak saja mengundang decak kagum dari seluruh masyarakat Indonesia.

Wanita berusia 56 tahun pernah dinobatkan sebagai Walikota Terbaik di Dunia ke-3 versi World City Mators Foundation dan masukdalam daftar 50 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia versi majalah Forbes.