Inspirasi Jaket Trendi untuk Tangkal Angin Kencang

Rekanbola –  Angin kencang mengawali awal tahun 2019. Artinya, kandungan uap air di udara terbilang tinggi. Bukan tak mungkin jika hujan tiba-tiba turun.

Cuaca angin besar itu jelas mengganggu kesehatan. Tubuh akan terlalu banyak terasupi udara akibat angin yang bertiup kencang.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mempersiapkan jaket menemani aktivitas harian. Selain melindungi tubuh dari angin, jaket juga membuat Anda tampil lebih trendi.

1. Sweater
Sweater bisa jadi pilihan aman setiap waktu dan membuat Anda tampil chic effortlessly.

Ada berbagai macam jenis sweater yang bisa dipilih. Mulai dari cable knitwool knito-neckv-neck, hingga turtle neck.

Jika ingin terlihat lebih berisi, Anda bisa memilih cable knit dengan rajutan besar. Anda juga bisa memadukan kemeja sebagai dalaman sweater v-neck. Atau, untuk terlihat lebih elegan, padukan turtleneck Anda dengan denim.

2. Jaket denim
Model jaket yang satu ini kebanyakan tak memiliki tudung. Belakangan, jaket denim semakin bikin anak-anak muda kepincut berkat film Dilan 1990.

Kini, model jaket denim pun bervariasi. Beberapa menambahkan aksen border untuk menampilkan sisi kasual. Beberapa lainnya mewarnai jaket dengan warna-warna pastel.

Agar lebih trendi, Anda bisa memadukannya dengan tanktop, kaos, bahkan kemeja yang ada di lemari Anda.

3. Jaket bomber
Punya nama lain ‘flight jacket‘, outer yang satu ini mulanya dipakai oleh para pilot dan menjadi tren fesyen remaja di era 1970an.

Jaket bomber kembali ngetren pada era 1990an karena banyak dipakai oleh penyanyi dan musisi hip hop. Kini eksistensinya kian populer setelah Jokowi tampil di depan publik dengan jaket yang satu ini.

Baca Juga:   Dalam 3 Tahun, Permukaan Tanah Malang Raya Turun Mencapai 3 Meter

Jaket ini memiliki ciri khas berbentuk bulky atau gemuk, tidak berkerah, dilengkapi dengan risleting, dan kantung di kedua sisinya.

4. Varsity jacket
Dulu jaket ini bernama letterman jacket yang cuma dipakai oleh para mahasiswa Harvard University. Seiring dengan berjalannya waktu, jaket ini menyebar penggunaannya ke kampus-kampus lain hingga kini dipakai oleh siapa saja.

Ciri khas dari jaket ini adalah mirip dengan jaket bomber, hanya saja ia memiliki warna yang berbeda antara bagian tangan dan bagian tubuhnya serta ada bordiran di bagian dada.

5. Kardigan
Outer yang satu ini sangat fleksibel karena bisa dipakai kapan pun dan di mana pun dan bisa menjaga Anda tetap hangat tanpa meninggalkan kesan gerah.

Beberapa jenis kardigan terbilang populer seperti oversized kardigan yang bisa dipadukan dengan kaus polos dan celana jin serta sneaker. Kardigan semacam ini membuat Anda terlihat kasual.

6. Mantel
Korea selalu berhasil melahirkan tren fesyen, khususnya bagi kawula muda Asia. Salah satu tren yang masih digemari hingga saat ini adalah long coat ala Korea.

Model jaket panjang hingga lutut dengan kancing besar dan kehadiran sabuk di bagian pinggang yang dapat diikat membuat jaket ini terlihat elegan ketika digunakan.

Di Indonesia, beberapa long coat didesain sedemikian rupa sehingga bahan yang digunakan tak terasa terlalu panas.

7. Trench coat
Trench coat merupakan versi ringan, pendek, dan tahan air dari mantel tebal yang biasa dipakai oleh pasukan Inggris. Burberry dan Aquascutum adalah yang pertema kali menciptakan model ini.

Seperti hanya Duffle, coat ala militer dipopulerkan awalnya oleh Humphrey Bogart dan para aktor Hollywood lainnya.

Ciri khas coat ini terbuat dari bahan tahan air, memiliki 10 kancing depan, kerah lebar, sabuk di bagian pinggang, serta tali di sekitar pergelangan tangan. Mantel jenis ini biasanya hadir dengan warna khaki.

Baca Juga:   Ini Dia 96 Pemain Pelatnas Bulutangkis 2019

8. Pea coat
Awalnya, coat ini didesain untuk para ‘reefers‘ atau pelaut yang memanjat kilang kapal layar. Namun, kini pea coat hadir dengan berbagai warna cerah dan banyak dipakai oleh kawula muda Korea.

Pea coat memiliki kancing yang erat, sedikit lekukan pada pinggang, dan memanjang hingga pinggul. Ciri lain dari coat yang satu ini adalah kerah lebar, kancing double-breasted atau kancing dua kolom, dan saku di kedua sisinya.

Coat yang satu ini cocok digunakan formal ke kantor atau tampilan smart casual di akhir pekan.