Intip Perbandingan Apple Watch Series 4 dan Samsung Galaxy Watch, Lebih Unggul Mana

REKANBOLA – Belum lama ini, Apple meluncurkan jam tangan canggihnya yakni Apple Watch Series 4 pada 12 September 2018. Apple tampaknya memiliki beberapa pembaruan dalam produknya, dengan menghadirkan beberapa fitur baru, layar besar, elektrokardiogram built-in, dan deteksi jatuh.

Samsung sebelumnya juga telah merilis jam tangan pintar yakni Galaxy Watch yang diperkenalkan pada 10 Agustus 2018. Perangkat tersebut disematkan sistem operasi Tizen OS, yang memiliki keunggulan seperti masa pakai baterai empat hari dan LTE internal.

Rekanbola kali ini akan membandingkan kedua perangkat canggih tersebut, seperti dilansir dari laman Toms Guide, Kamis (4/10/2018).

Harga

Apple Watch Series 4 mengusung desain serta harga yang lebih premium dari seri sebelumnya. Perangkat ini dibanderol sekira USD399 dan versi LTE dibanderol mulai USD499.

Sementara itu, Galaxy Watch hadir dengan harga yang lebih terjangkau yakni sekira USD330 untuk ukuran 42mm yang disematkan Bluetooth. Kemudian untuk versi LTE 42mm dibanderol USD379. Sementara itu ukuran lain yakni 46mm dibanderol USD399.

 Desain

Kedua perangkat hadir dengan desain yang sangat berbeda. Samsung mengusung gaya klasik arloji tradisional yakni bulat atau melingkar. Sementara itu, Apple lebih modern dengan desain kotak dan tanpa bezel. Kemudian, Apple Series 4 memiliki tampilan layar 30 persen lebih besar dari pendahulunya.

Apple menawarkan Seri 4 dalam dua ukuran, 40mm dan 44mm (masih akan menawarkan Seri 3 dalam ukuran 38mm dan 42mm), Galaxy Watch memiliki ukuran terkecil adalah 42mm, dan yang paling besar 46mm.

Jam tangan Samsung hadir dalam tiga warna, yakni hitam dan Rose Gold. Untuk navigasi, kedua jam tangan pintar menggunakan tombol untuk melengkapi layar sentuh mereka. Apple Watch memiliki Digital Crown, yang ditekan untuk melihat layar aplikasi dan beralih ke gulir ke bawah halaman.

Baca Juga:   5 Smartphone RAM 4GB Dengan Harga Termurah Mulai 1 Jutaan

Galaxy Watch menggunakan panel berputar untuk menggulir, desain unik yang dibawa Samsung dari generasi sebelumnya.

Fitur Kebugaran

Apple telah memimpin teknologi sensor kesehatan dan kebugaran di produk jam tangan pintar. Selain itu dalam Series 4 ini Apple menambahkan beberapa fitur baru.

Jam tangan pintar ini mampu mengingatkan pengguna untuk kapan berhenti olahraga. Mungkin beberapa orang pernah mengatakan jika Apple Watch mampu menyelamatkan nyawa seseorang dengan fitur tersebut. Sensor canggih lainnya dalam Seri 4 adalah elektrokardiogram yang disetujui FDA.

Sementara itu, Galaxy Watch menawarkan fitur-fitur kesehatan dari smartwatch Samsung sebelumnya, termasuk fitur manajemen-stres yang mendeteksi kapan detak jantung tinggi dan memandu pengguna melalui latihan pernapasan untuk menurunkan tingkat itu. Fitbit memiliki fitur serupa, disebut Relax, dan Apple Watch memiliki alat terkait yang disebut Breathe.

Kompatibilitas

Galaxy Watch dapat bekerja dengan ponsel iOS dan Android. Meskipun pemilik ponsel Galaxy besutan Samsung akan mendapatkan jauh lebih banyak dari Galaxy Watches berkat integrasi yang lebih ketat jam tangan dengan ekosistem Samsung dan Android. Apple Watch hanya berfungsi dengan iPhone. Sehingga Samsung lebih unggul dalam kompatibilitas lintas platform.

Untuk detail lebih lanjut, Rekanbola.com pun telah merangkum spesifikasi lengkap dari kedua perangkat tersebut.

Samsung Galaxy Watch

Daya tahan baterai: 4 hari

Ukuran: 42mm dan 42mm

Monitor: Circular Super AMOLED (360×360)

Sistem operasi: Tizen OS 4.0

Penyimpanan musik: Ya (Spotify)

Tahan Air: Ya

GPS: Ya

Monitor denyut jantung: Ya

Mobile Payment: Samsung Pay

Konektivitas: : LTE

Fitur kebugaran: Alat denyut jantung, dan fitur stres manajamen

Warna: Hitam, Silver dan Rose Gold

Harga: USD330-USD350

Apple Watch Series 4

Daya tahan baterai: 18 jam

Baca Juga:   Asosiasi Media Siber Kecam Peretas Situs Berita Tempo

Ukuran: 40 mm dan 42mm

Monitor: Square OLED Retina

Sistem operasi: watchOS 5

Penyimpanan musik: Ya (Apple Music)

Tahan Air: Ya

GPS: Ya

Monitor denyut jantung: Ya

Mobile Payment: Apple Pay

Konektivitas: LTE

Fitur kebugaran: Latihan pernapasan, Apple Heart Study, dan ECG

Warna: Silver, Gold, Space Gra, dan Stainless

Harga: USD399-USD499

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *