Investasi di Yuan Hasilnya Lumayan

Rekanbola – Bagi anda belum pernah berinvestasi di mata yuan China, mungkin saat ini perlu mempertimbangkan untuk memilikinya. Yuan rupanya memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Keuntungan tersebut datang dari selisih kurs antara rupiah dengan yuan. Per hari ini, CNY 1 di pasar spot  dihargai Rp 2.171,64. Jika Anda memegang mata uang tersebut sejak awal tahun, maka anda mendapatkan keuntungan dari selisih kurs sebesar Rp 86,96.

Keuntungan tersebut berasal dari rupiah yang terdepresiasi di hadapan yuan hingga 4,17%. Depresiasi tersebut mendorong harga rupiah menjadi lebih mahal sehingga harga belinya pun ikut naik.

Jika Anda memiliki CNY 10.000 yuan (sekitar Rp 21 juta) dan menjualnya di salah satu bank, maka acuan yang Anda dapatkan setidaknya Rp 869.600. Tidak terlalu buruk, kan?

Yuan mampu menguat terhadap rupiah utamanya karena faktor perdagangan. Defisit perdagangan Indonesia dengan China selama Januari-April 2018 mencapai U$ 5,76 miliar. Artinya, aliran devisa memang lebih memihak China sehingga menjadi pijakan untuk penguatan yuan terhadap rupiah.

Selain itu, China juga semakin terbuka terhadap investasi asing yang tentu lagi-lagi mendatangkan devisa. Dalam pidatonya di Boao Forum beberapa waktu lalu, Presiden China Xi Jinping menegaskan China akan menjadi pasar yang terbuka dan menjunjung tinggi kesetaraan dalam hal perdagangan maupun investasi.

Penyataan tersebut menumbuhkan oprimisme investor sehingga penanaman modal pun semarak. Data penanaman modal asing di sektor riil (Foreign Direct Investment/FDI) per April 2018 menunjukkan peningkatan 0,10%. Lebih baik dibandingkan periode yang sama pada 2017 yaitu minus 0,10%.

Aliran modal asing yang masuk tentu menjadi obat kuat bagi yuan sehingga mampu berjaya di hadapan mata uang global termasuk rupiah. Akibatnya nilai kurs yuan terhadap rupiah pun terapresiasi.

Baca Juga:   Wall Street Melemah Bawa Harga Emas Berkilau

 

 

(Sumber : cnbcindonesia.com)