iPhone Selanjutnya Bakal Pakai Layar Lengkung dan Gesture Control?

RekanBola – Apple disebut-sebut tengah mengembangkan teknologi touchless gesture control dan layar lengkung untuk iPhone selanjutnya. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Bloomberg, Senin (9/4/2018).

Langkah ini dilakukan untuk membantu diferensiasi produk iPhone seiring dengan makin ketatnya persaingan di pasar smartphone.

 

Bloomberg melaporkan, fitur gesture control ini memungkinkan pengguna untuk memberi perintah ke iPhone hanya dengan menempatkan jari-jari mereka di dekat layar tanpa benar-benar menyentuhnya.

Kendati begitu, menurut seorang sumber yang mengetahui tentang rencana ini, teknologi gesture control tampaknya tidak bakal bisa dinikmati oleh konsumen setidaknya hingga dua tahun lagi.

Apple memang selama ini punya banyak cara mengubah hubungan antara manusia dengan perangkat komputer.

Pada awal tahun 1980-an, pendiri Apple Steve Jobs mempopulerkan kehadiran mouse. Sementara iPhone terbaru memiliki fitur terbaru bernama 3D Touch yang bisa merespon berbeda pada tekanan jari yang berbeda di layar.

Sumber tersebut mengatakan, teknologi gesture terbaru ini mempertimbangkan kedekatan jari ke layar.

Bukan hanya itu, seorang sumber menyebut, Apple juga tengah mengembangkan layar iPhone dengan bentuk melengkung ke dalam secara bertahap dari atas ke bawah. Tentunya, hal ini berbeda dengan layar lengkung pada smartphone Samsung yang melengkung ke bawah.


Butuh Waktu 2-3 Tahun Lagi

Sejauh ini, sejumlah model iPhone masih menggunakan layar lengkung. Sementara layar OLED pada iPhone X memiliki lengkungan tipis di bagian bawahnya. Kendati begitu hal ini tidaklah kentara saat dilihat oleh mata.

Sekadar diketahui, tidak seperti teknologi layar LCD yang dipakai pada perangkat iPhone sebelumnya, layar OLED sendiri dapat dibentuk menjadi lengkung atau dilipat.

Sumber tersebut mengatakan, iPhone dengan layar lengkung mungkin baru bisa dijual di pasaran setidaknya dua atau tiga tahun lagi.

Baca Juga:   Kamera Pop-up Oppo F11 Pro Bisa Tahan Berapa Lama Sih?

Kembangkan Layar MicroLED

Menurut sumber yang tak disebutkan namanya itu, Apple tengah mengembangkann teknologi layar baru bernama MicroLED.

Kendati begitu teknologi ini butuh waktu tiga hingga lima tahun lagi untuk diaplikasikan pada ponsel.

Saat ini, kedua teknologi yakni gesture control dan layar lengkung masih dalam tahap awal pengembangan dan bisa saja Apple memutuskan untuk tidak mengaplikasikan pada produk iPhone-nya.

 

 

(Sumber : liputan6.com)

Baca Juga :