Ivo Karlovic Cetak Sejarah Di Pune

Rekanbola – Ivo Karlovic mencatatkan sejarah di Maharashtra Open, Pune dengan menjadi petenis pertama sejak petenis berusia 43 tahun, Ken Rosewall pada tahun 1977 di Hong Kong yang mencapai final.

Petenis berkebangsaa Kroasia yang telah menginjak usia 39 tahun, Karlovic berhasil menumbangkan petenis berkebangsaan Belgia, Steve Darcis 7-6, 4-6, 6-3 yang mengantarkannya ke final turnamen ATP pertamanya sejak final di ‘s-Hertogenbosch musim 2017.

Mantan petenis peringkat 14 dunia, Karlovic pekan ini telah mencatatkan sejarah dengan menjadi petenis tertua yang lolos ke semifinal sejak Jimmy Connors melakukannya di San Fransisco musim 1993. Tetapi Karlovic mengalahkan Darcis dalam waktu 1 jam 55 menit untuk melaju satu langkah lebih jauh.

Dengan penampilan di final Pune musim ini, Karlovic melenggang ke tujuh dari 19 final yang dilakoninya setelah ia berusia 35 tahun dan pencapaian Karlovic pekan ini bisa dikatakan cukup mengesankan setelah ia belum pernah lolos hingga ke perempatfinal sejak Houston Open pada April lalu dengan gelar terakhir yang digenggamnya adalah gelar Los Cabos Open tiga musim 2016.

Sementara bagi Darcis, semifinal kali ini merupakan prestasi tersendiri setelah melewatkan sepanjang musim 2018 akibat cedera.

Namun, Karlovic, yang mengalahkan Darcis di Wimbledon musim 2009, dengan servisnya masih terlalu tangguh bagi Darcis. Petenis yang tingginya mencapai 211 cm, Karlovic memenagkan 90 persen poin dari servis pertamanya dan melesatkan 33 ace dari 88 ace yang ditembakkannya di Pune musim ini.

Di partai final, langkah Karlovic tidak akan menjadi lebih mudah setelah ia harus berhadapan dengan petenis unggulan pertama, Kevin Anderson.

Petenis dengan tinggi 203 cm, Anderson asal Afrika Selatan memupuskan harapan juara bertahan sekaligus petenis unggulan ketiga, Gilles Simon dengan 6-3, 7-6.

Baca Juga:   Jumpa Andrea Petkovic Di Mallorca, Elise Mertens Bermain Tanpa Ampun