Jadi Tersangka, Penahanan Richard Muljadi Diputuskan Hari Ini

Rekanbola – Polisi telah menetapkan Richard Muljadi yang tertangkap memakai kokain dalam toilet sebuah restoran di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, sebagai tersangka. Keputusan terkait penahanan Richard akan ditentukan melalui gelar perkara pada hari ini.

“Gelar perkara untuk menentukan tersangka dan penahanan itu sudah dilakukan tadi pagi, untuk penetapan tersangkanya. Nah ini sekarang gelar untuk langkah penyidikan selanjutnya karena kan saya nggak boleh, direktur bukan yang menentukan orang ini langsung ditahan atau tidak. Itu proses,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwono di Mapolda Metro, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Suwondo menjelaskan Richard ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi dan barang bukti. Polisi juga telah memeriksa urine, darah dan rambut Richard di Labfor Polri.

“Setiap langkah penyidikan itu ada prosesnya, setelah pemeriksaan saksi-saksi, kan dia diperiksa dulu saksi-saksinya setelah diperiksa saksinya. Barang buktinya semuanya dicek, itu harus melalui proses gelar perkara,” jelasnya.

Sementara itu, penentuan proses penahanan terhadap Richard akan melibatkan Wasidik (pengawas penyidik). Menurut Suwondo, hal itu dilakukan agar proses penyidikan tetap berjalan sesuai prosedur.

“Pagi ini mereka baru gelar. Kalau gelar tersangka cukup di Subdit saja karena itu waktu, kita juga ada waktu yang harus kita perhatikan, nanti untuk penahanan di narkoba ini selalu pakai wasidik itu melibatkan beberapa penyidik. Jadi nggak boleh si penyidik ini yang sidik. Yang menentukan ini, ini terus control-nya apa dong?” bebernya.

Baca Juga:   Prediksi Skor Persib Bandung vs Persija Jakarta 23 September 2018