Jakarta banjir, Ketua DPRD DKI ingatkan Anies pentingnya normalisasi

Rekanbola.com –  Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengingatkan Anies Baswedan mengenai pentingnya normalisasi kali. Prasetio mengatakan, normalisasi mulai dari Kali Ciliwung, Pesanggarahan, Angke dan Sunter harus terus dilakukan. Mengingat kondisi fisik kali di ibu kota sudah berkurang dengan adanya sampah dan sedimen lumpur serta bangunan di pinggir kali.

“Ya kesimpulannya, masyarakat di bantaran kali itu harus digeser, harus dipindahkan. Karena fungsi sungai dengan lebar yang semestinya harus optimal, kan sekarang menciut. Air itu tidak bisa dilawan. Kalau api disiram air bisa padam, nah air mau dilawan pakai apa,” katanya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (6/2).

Dia mengungkapkan, sempat turun ke lokasi banjir di kawasan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, kemarin malam, Senin (5/2). Melihat kondisi Jakarta banjir, Prasetio menilai, kebijakan pemerintah pusat untuk melakukan normalisasi Kali Ciliwung harus diteruskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

“Masa setiap tahun ada banjir kiriman. Maka Ibu Kota setiap tahun selalu mendapat masalah yang sama. Jadi saya sebagai wakil rakyat di sini, mendorong agar normalisasi dilakukan. Kebijakan yang sudah baik dulu, dilanjutkan kembali,” tegasnya.

Selain itu, Ketua Komisi A DPRD DKI, Riano P Ahmad meminta Pemprov DKI jangan lamban mengantisipasi banjir yang sedang terjadi di Jakarta. Dia mengimbau seluruh instansi terkait di Pemprov DKI siap siaga mengantisipasi kemungkinan adanya kiriman banjir dari Bogor, karena tinggi muka air di Katulampa sudah naik.

“Ya imbauannya untuk para Wali Kota, Camat, Dinas Sumber Saya Air maupun instansi terkait, BPBD maupun Dinas Sosial dan Satpol PP, untuk siap siaga mengantisipasi kemungkinan debit air di pintu air naik atau kiriman air besar dari Bogor datang ke Jakarta,” tutupnya.

Baca Juga:   Cerita Jokowi-Ma'ruf yang Anti-Capek Tes Kesehatan 12 Jam Lebih

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo