Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

 

Rekanbola.com – Membangun sebuah bisnis tentu tidak lepas dari campur tangan orang lain. Merintis sesuatu hal yang baru dan berharap sesuatu yang besar kedepannya tentu tidak bisa dilakukan hanya seorang diri. Sebagai seorang pebisnis, tentu diperlukan partner bisnis yang menunjang perkembangan bisnis kalian.

BACA JUGA :

8 Dari Idola Wanita SM Entertainment Dengan Abs Terbaik

Kesamaan visi dan tujuan yang ingin dicapai akan sangat menentukan ke arah mana bisnis kalian di masa depan. Di bawah ini ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dalam memilih partner bisnis yang tepat guys. Simak yuk di bawah ini.

1. Pilihlah yang memiliki kesamaan visi dengan yang kalian miliki

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Kesamaan visi adalah hal yang penting. Partner bisnis yang memiliki visi yang sama akan sangat menunjang kemajuan bisnis kalian. Dengan arah dan tujuan yang sama, maka ide dan berbagai inovasi yang kalian miliki akan mendapat tempat khusus dan akan lebih mudah diterima oleh rekan bisnis kalian. Hal tersebut adalah kunci penting yang harus diperhatikan oleh para pemula di dunia bisnis.

2. Jangan jadikan partner bisnis layakanya mesin ATM

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Rekan bisnis bukan ladang untuk diperas. Jika kalian melakukan hal tersebut, bersiaplah menghadapi situasi terburuk. Perlakukan rekan bisnis sebagai teman dan jadikanlah mereka investor. Yang jika kalian mendapat keuntungan dalam bisnis maka peran rekan bisnis yang menjadi investor ini pun akan menjadi “win win solution”. Jadi, jika sudah begitu selain relasi yang baik kalian akan dibantu dari segi pendanaan yang tentu sama-sama menguntungkan kedua belah pihak.

3. Insting juga berguna dalam beberapa situasi, pergunakanlah insting kalian

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Insting ternyata juga diperlukan dalam memilih partner bisnis yang tepat. Percayalah pada insting kalian. Dan jika insting kalian mengatakan kata tidak, dapat dipastikan ia memang bukan calon partner bisnis kalian. Walaupun terlihat rentan jika hanya mengandalkan sebuah insting, akan tetapi salah satu langkah dan suara hati kalian perlu kalian dengar dan pahami juga. So, pergunakanlah suara hati kalian dengan bijaksana.

Baca Juga:   Utang Pemerintah Tembus Rp 4.253 T, Kemenkeu: Masih Aman

4. Pershabatan tidak menentukan lancarnya kerjasama sebagai partner bisnis

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Memang akan lebih mudah berbisnis dimulai melalui kerjasama dengan orang-orang terdekat. Sahabat bahkan teman adalah orang-orang yang berpotensi untuk dijadika rekan bisnis yang terpercaya. Namun hal tersebut tidak benar adanya, memang kita tentu sudah mengenal sahabat atau teman yang dijadikan partner bisnis.

Dunia bisnis itu keras dan tidak mudah, akan lebih baik jika kalian lebih selektif dan cobalah menjadi karakter yang tidak mudah dihasut. Dan tentu sebuah pengalaman akan menjadi filter yang baik saat harus memilih partner bisnis yang tepat untuk kalian.

5. Pilihlah partner bisnis yang dapat melengkapi kekurangan kalian

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Sebagai seorang pebisnis pemula tentu masih banyak kekurangan yang ada pada diri kalian. Peran partner bisnis tentu akan sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis kalian kedepannya. Partner bisnis yang baik adalah orang-orang yang mampu mengisi kekurangan kalian. Baik dari segi pengalaman, kecakapan dan kemampuan berbisnis. Jika hal tersebut sudah kalian temukan pada rekan bisnis kalian, maka jalinlah hubungan yang baik dengan orang-orang tersebut.

6. Carilah mereka yang peduli dan rela menolong

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Peduli dan rela menolong adalah hal terpenting jika kalian ingin mencari partner bisnis yang berkualitas dan terpercaya. Karakter tersebut tentu bukan hal yang mudah untuk didapatkan. Namun dengan relasi kalian serta pengalaman yang terus bertambah. Orang-orang yang peduli serta rela menolong akan banyak kalian temukan. Dengan adanya orang-orang tersebut di lingakaran bisnis kalian, yakinlah perkembangan bisnis kalian akan mengarah ke arah yang lebih positif dan memuaskan.

7. Partner bisnis yang berkomitemen dan rela meluangkan waktu adalah pilihan yang tepat

Jangan Asal, Ini 7 Tips Cerdas Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Komitmen, salah satu faktor terakhir yang harus kalian lihat jika ingin menjadikan orang lain partner bisnis kalian. Pilihlah partner bisnis yang mau berkomitmen menyedikan waktu untuk mengerjakan dan berkolaborasi untuk bisnis yang kalian rintis. Dengan komitmen serta dedikasi yang konsisten terhadap kerjasama bisnis yang kalian lakukan, maka akan mudah bagi kalian untuk merencanakan berbagai ide terbaik untuk bisnis yang kalian rintis bersama orang yang tentunya positif bagi pekembangan bisnis kalian.