Jangan Lakukan Hal Ini di Bulan Pertama Bekerja

rekanbola – Apakah Anda baru saja masuk kerja di perusahaan baru? atau fresh graduate yang baru saja menapaki dunia kerja?

Jika iya, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Tidak peduli betapa ramahnya rekan kerja Anda, seberapa nyaman Anda dengan manajer Anda atau seberapa banyak Anda bergairah dengan pekerjaan Anda, tapi Anda harus selalu ekstra hati-hati ketika menjadi seorang karyawan baru di tempat kerja.

Alasannya, karena Anda belum memahami cara kerja organisasi baru tersebut dan bagaimana rekan kerja sesungguhnya.

Untuk menjalin hubungan dengan semua orang di lingkungan kerja dan menciptakan kesan pertama yang baik, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari dalam bulan pertama dari pekerjaan baru Anda.

Terlalu ingin tahu

Anda tidak dapat memahami semua informasi tentang pekerjaan dan orang-orang di sekitar Anda dalam beberapa hari. Cobalah untuk tidak menanyakan beberapa pertanyaan tentang siapa, profil pekerjaannya, dan mencari tahu semua gosip kantor.

Anda mungkin menciptakan citra sebagai detektif yang mengganggu dan rekan tim Anda mungkin menganggap ini menjengkelkan. Lakukan pendekatan pro-aktif terhadap pekerjaan Anda, dan cukup bertanya sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Bersikap santai

Mungkin bukan ide yang baik untuk mulai memanfaatkan jam kerja fleksibel dari bulan pertama pekerjaan baru Anda. Lakukan pekerjaan secara profesional, misalnya tiba dan pulang tepat waktu.

Jangan memperpanjang jam makan siang Anda atau sering minum kopi. Setelah menghabiskan beberapa minggu, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang seberapa fleksibel jadwal kerja Anda.

Menilai rekan kerja

Baca Juga:   Hidupnya Susah, Petugas Kebersihan Sumbang Anak Miskin Rp380 Juta

Awal kerja, jangan pernah menilai rekan kerja siapapun dia terlalu dini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hal tersebut akan membuat citra Anda buruk di depan rekan kerja yang lain. Tetap netral dan jangan menilai orang di sekitar Anda. Amati, pahami dan jangan membuat persepsi tentang siapa pun.

Merasa lebih tahu dan pintar

Orang yang sok tahu dan sok pintar tidak akan disukai siapapun. Belajarlah dari rekan Anda yang lebih senior soal pekerjaan yang Anda lakukan saat ini.
Jangan menunjukkan bahwa Anda lebih tahu daripada mereka, terutama bersikap menggurui. Hal ini, akan membuat Anda akan dijauhi rekan kerja dan mungkin menjadi indikator sikap Anda yang dianggap terlalu percaya diri dan arogan.

Batasi sarkasme dan lelucon Anda

Bersikap ramah saat bercakap-cakap dengan rekan kerja Anda, tetapi pikirkan sebelum membuat lelucon atau membuat komentar sarkastik.

Sarkasme kasar atau lelucon yang tidak terlalu politis mungkin menyinggung rekan kerja dan menyebabkan kerusakan yang tak dapat diperbaiki.