Jenis-Jenis Anjing yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Rekanbola – Siapa yang tidak tahu dengan hewan yang satu ini. Ya, anjing merupakan mamalia yang cukup popular di kalangan masyarakat. Selain menjadi hewan peliharaan karena sifatnya yang setia dan lucu, anjing juga kerap dijadikan sebagai hewan berburu karena kemampuannya yang dapat diandalkan. Kedua hal itu tergantung dengan jenisnya masing-masing.

Meskipun beberapa jenis anjing sudah ramah di mata masyarakat, masih ada beberapa tipe anjing yang barangkali Anda belum tahu. Melansir dari Justdogbreeds, berikut di bawah ini merupakan jenis-jenis anjing yang ada di dunia. Penasaran dengan bagaimana penampilannya? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Afghan Hound

Afghan Hound adalah salah satu jenis anjing pemburu dari Afghanistan yang mengandalkan kecepatan dan penglihatan. Hewan ini juga merupakan makhluk yang sensitif dan rentan terhadap stress. Mulanya, anjing jenis ini diimanfaatkan untuk penggunaan gembala dan memburu hewan, tetapi sejak abad ke-19, Afghan Hound menjadi hewan peliharaan mewah dan sering disebut sebagai “raja anjing”. Untuk mengenali anjing tipe ini, maka Anda cukup melihat tulang punggung anjing ini yang menonjol, bertubuh tinggi, kepala panjang, dan yang lebih spesifik ialah adanya bulu di seluruh badan panjang dan halus, serta mata yang berbentuk oval dan gelap.

2. Jenis Akita

Akita merupakan jenis ras anjing yang berasal dari negara Jepang. Anjing ini cocok menjadi peliharaan di rumah sebab ia memiliki naluri menjaga yang kuat dan protektif. Selain itu, akita juga sering dimanfaatkan orang untuk menemani berburu karena kemampuannya sangat baik dalam pelacakan dan kelincahan. Biasanya anjing ini tidak terlalu agresif, namun ia akan waspada terhadap orang asing. Akita adalah jenis anjing yang cerdas sehingga ia akan mudah dilatih oleh pemiliknya. Yang paling identik dari anjing jenis ini ialah kesetiaan. Kesetiaannya tidak dapat ditandingi oleh anjing manapun. Ia akan mendedikasikan hidupnya hanya untuk melindungi pemiliknya. Karakter anjing ini pun digambarkan lebih jelas lewat film “Hachiko: A Dog’s Story” yang tayang pada 2009 berdasarkan kisah nyata.

Baca Juga:   Hot Asian Girls Of The Week Jan Pack 1

3. Alaskan Malamute

Sesuai namanya, anjing ini berasal dari Alaska. Anjing ini sering dimanfaatkan untuk menarik kereta luncur apabila sedang turun salju. Alaskan Malamute adalah anjing yang kuat dan pintar. Namun, terkadang kepintaran tersebut membuat anjing ini susah dilatih. Sifatnya yang mandiri dan keras kepala, membuat sang pemilik harus bersusah payah untuk mengendalikan anjing ini agar patuh. Anjing ini mencintai semua orang meski Anda bukan pemiliknya. Ia akan ramah dan mencium siapa saja yang masuk ke dalam rumah meski dia tidak menjilat-jilat. Maka, banyak orang yang memelihara anjing ini sebagai peliharaan semata, bukan untuk pengawas rumah sebab dia tetap akan ramah pada orang asing dan sifatnya yang jarang menggonggong. Anjing ini memilki ciri khas yang wajahnya tampak seperti serigala, yakni bertubuh besar, telinga tegak dan berujung lancip, dan memiliki moncong. Biasanya berwarna hitam dan putih dengan gradasi abu-abu.

4. Basset Hound

Dikenal sebagai anjing pelihara keluarga asal Prancis yang hebat karena ia cerdas, santai, dan ramah. Anjing Basset sangat mencintai anak-anak. Meskipun Busset bukan anjing dengan energi tinggi, ia mampu melakukan lari dengan kecepatan yang mengesankan. Namun, tak jarang juga ia lebih memilih bermalas-malasan di bawah sinar matahari. Anjing jenis ini suka menjilat-jilat pemiliknya. Anjing ini memiliki bentuk fisik yang sudah sering dilihat di televisi, yakni memiliki tubuh yang agak panjang, bentuk kaki yang pendek, telinga yang lebar, panjang, namun menjulang ke bawah.

5. Basenji

Anjing ini merupakan pemburu yang berasal dari Afrika tengah. Ia adalah salah satu anjing tertua di dunia. Ia tidak menggonggong dan dikenal sebagai anjing yang tenang sehingga ia tidak cocok untuk dijadikan anjing pengawas. Namun, ia akan tetap waspada dan akan membuat kebisingan untuk memberitahu kepada sang pemiliki jika ada sesuatu yang salah. Ia sangat teliti terhadap kebersihannya dan tidak tahan menjadi kotor.

Baca Juga:   Berpetualang di alam, cara anak zaman now tunjukkan peduli lingkungan

6. Barbet

Anjing jenis ini adalah anjing tertua yang berasal dari Prancis. Anjing ini juga ramah bersama anak-anak di rumah, sehingga juga cocok dijadikan sebagai peliharaan. Namun, selain itu anjing jenis ini juga unggul diajak pelacakan dan penggembalaan. Ciri yang paling menonjol dari jenis ini ialah memiliki bulu tebal seperti wol dan berombak hingga tampak seperti menutupi matanya. Bulu tersebut bertujuan untuk melindunginya dari suhu dingin dan kelembapan. Ciri lainnya ialah berleher pendek dan bermata bundar yang umumnya berwarna coklat gelap.

7. Dachsund

Anjing yang berasal dari Jerman ini merupakan anjing berburu yang pandai. Dia senang bermain-main dengan pemiliknya. Ciri khasnya ialah bertubuh panjang dan memiliki kaki yang lebih pendek. Selain itu, ia juga anjing dengan tipe yang setia.

BACA JUGA :

Hasil gambar untuk MInion logo