Jokowi: Penyuluh Agama Harus Jadi Teladan Budi Pekerti

RekanBola – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Silaturahmi Penyuluh Agama se-Jawa Tengah. Dia berpesan agar penyuluh agama menjadi teladan berbudi pekerti bagi masyarakat.

“Pikiran positif akan memancarkan aura semangat untuk seluruh umat kita,” kata Presiden Jokowi saat acara yang dihelat di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2018)

Jokowi mengatakan, penyuluh agama sangat penting untuk menghadirkan agama yang tentu saja ramah, baik untuk umat maupun kehidupan antarumat beragama.

Selain itu, penyuluh agama merupakan pemandu umat yang harus dapat menumbuhkan motivasi, harapan dan optimisme, bukan pembimbing yang menakut-nakuti dan menumbuhkan pesimisme.

Pada sambutannya, Jokowi mengatakan agama dan negara harus dapat berjalan beriringan serta saling memperkukuh, bukan untuk saling dipertentangkan.

“Negara memberikan perlindungan dalam berkeyakinan dan agama memberikan panduan ilahiah bagi masyarakat dalam berperilaku dan bermasyarakat,” kata Jokowi seperti dilansir dari Antara.

Aparat pemerintah dan para pemuka agama, dikemukakan Jokowi, harus selalu bekerja sama untuk membangun Indonesia yang kokoh.

Selain itu, pemuka agama dan aparatur pemerintah diminta terus mengajarkan sikap toleransi dan saling pengertian, serta bersinergi dan bekerja sama kepada seluruh umat.

“Bekerja sama untuk meningkatkan saling pengertian antaragama, antaretnis dan antarstatus sosial,” ujar Jokowi.

(Sumber : Liputan6.com)

Baca Juga :

Baca Juga:   Besok Jokowi Umumkan Ketua Timses, Nama Erick Thohir-CT-Najwa Santer