Jokowi Soal Divestasi Saham Freeport: Tinggal Proses Pembayaran

REKANBOLA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan proses pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia akan segera rampung. Proses divestasi ini, Indonesia hanya tinggal tinggal membayar saham yang diambil alih dari perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut.

Dia mengungkapkan, saat ini tahapan dalam divestasi saham Freeport tersebut masih terus berjalan. Diharapkan di akhir tahun ini bisa selesai.

“(Freeport) Dalam proses. (Akan) Rampung, rampung. Yang jelas sudah head of agreement sudah. Sales and purchased agreement juga sudah,” ujar dia dalam acara CEO Networking, Jakarta, Senin (3/12).

“Tinggal bayarnya. Tanyakan ke kementerian. Duitnya kan sudah ada,” tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta kepada jajarannya agar proses divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen diselesaikan sebelum 2019. “Saya minta semua tahapan proses divestasi itu sebelum akhir 2018 ini semuanya rampung,” kata Presiden Jokowi.

Dari laporan yang dikantongi Presiden Jokowi, proses divestasi saham PT Freeport Indonesia sudah bisa dituntaskan. Beberapa tahapan yang sudah dilewati yakni divestment agreement, sales and purchase agreement, serta subscription agreement.

Kendati demikian, masih ada beberapa tahapan yang perlu penyesuaian dan dipercepat. Seperti penyelesaian isu lingkungan, masalah limbah dan tailing. “Terkait hal itu saya minta laporan mengenai perkembangan beberapa yang masih perlu segera dituntaskan,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga:   Sekjen Partai Komunis Vietnam Akan Temui Jokowi