Kabar Gembira! Maskapai RI Sudah Boleh Terbang ke Eropa

Rekanbola – Uni Eropa (UE) secara resmi telah mengeluarkan Indonesia dari EU Flight Safety List yang berarti seluruh maskapai berbendera merah putih yang berjumlah 55 maskapai telah dapat kembali terbang ke wilayah euro.

Hal tersebut disampaikan dalam siaran pers UE hari Kamis (14/6/2018).

“Saya khususnya senang setelah usaha selama bertahun-tahun, kami hari ini dapat meloloskan seluruh maskapai dari Indonesia. Ini menunjukkan kerja keras dan kerja sama yang dekat membuahkan hasil,” kata Komisioner UE untuk Transportasi Violeta Bulc dalam siaran persnya yang dikutip rilis Kementerian Luar Negeri hari Kamis (14/6/2018).

UE telah menerapkan larangan terbang bagi seluruh maskapai penerbangan Indonesia sejak tahun 2007 lalu akibat serangkaian kecelakaan yang terjadi.

Sebelumnya, UE telah secara bertahap mengeluarkan beberapa maskapai Indonesia dari EU Flight Safety List, yakni pada 2009, 2011 dan 2016.

Sebelum keputusan mengeluarkan seluruh maskapai Indonesia dari daftar larangan terbang ini diambil, Uni Eropa telah melaksanakan EU Assessment Visit ke Indonesia pada 12-21 Maret 2018. Hasil evaluasi menyeluruh tersebut juga dibahas dalam pertemuan Air Safety Committee di Brussel pada 30 Mei 2018 yang dihadiri oleh Pemerintah Indonesia dan tiga maskapai dari tanah air, yaitu Wings Air, Sriwijaya Air, dan Susi Air, dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri.

Keputusan ini juga sejalan dengan opini berbagai badan penerbangan internasional, seperti Federal Aviation Administration (FAA) dan International Civil Aviation Organization (ICAO) yang mencatat upaya perbaikan signifikan yang dilakukan Indonesia.

“Pencabutan larangan terbang bagi seluruh maskapai Indonesia merupakan bentuk pengakuan Uni Eropa kepada Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan keselamatan penerbangan di tanah air,” kata Duta Besar Indonesia untuk Uni Eropa, Yuri O. Thamrin, dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga:   Siswa SMP Ciamis Tewas Usai Tenggak Miras Oplos Racikannya

“Keputusan Uni Eropa ini diharapkan menjadi pendorong untuk terus meningkatkan keselamatan penerbangan termasuk dalam mendukung industri pariwisata di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Yuri.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi juga mengungkapkan kegembiraannya melalui akun media sosial Twitter.

“Uni Eropa mencabut larangan terbang semua maskapai penerbangan Indonesia… Selamat Indonesia!” kicaunya hari Kamis.

 

 

(Sumber : cnbcindonesia.com)