Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

 

Rekanbola.com – Pemahaman umum tentang hidup sehat adalah makan cukup dengan teratur, berolahraga dan beristirahat dengan cukup. Namun salah satu hal yang terpenting adalah menjaga kesehatan pikiran. Ellen Hendriksen, PhD, seorang psikolog klinis dari Center for Anxiety and Related Disorder di Boston University menyatakan bahwa gak ada orang yang 100 persen sehat secara mental. Namun ada beberapa orang yang kondisi mentalnya terbilang sangat sehat. Dilansir dari Scientific American, untuk tipe orang seperti itu, mereka akan memiliki 7 pemikiran berikut ini!

Baca Juga :

7 Meme Beda Kelakuan Cewek Di Instagram Vs Realita Ini Mak Jleb Banget

1. “Saya bisa tetap bertahan di perjalanan yang sedang saya lalui”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Ini yang membuatmu tetap tabah dan berintegritas dalam menjalani apa yang kamu perjuangkan. Dengan ketabahan hati, kamu akan tetap bisa menyelesaikan tahap demi tahap ke arah tujuanmu dengan rapi. Misalnya kamu perlu tabah belajar kalkulus pelan-pelan tapi pasti, walaupun kamu membencinya, demi mendapatkan IPK yang bagus. Sedangkan integritas akan mempertahankan prinsipmu ke arah tujuan. Misalnya ada tukang es krim lewat saat kamu sedang puasa atau di tengah diet.

2. “Saya bisa melakukan hal yang saya sedang gak ingin melakukannya”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Menurut para psikolog, pemahaman ini adalah pemikiran terbaik yang bisa dimiliki seorang manusia. Karena jika bisa benar-benar menerapkannya, berarti orang tersebut sudah bisa mengontrol moodnya secara independen. Ia tidak lagi menggantungkan aktivitasnya pada mood, apalagi sampai menyalahkan mood yang ia miliki.

3. “Saya bisa berdamai dengan semua masalah saya”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Pemikiran ini bisa membuatmu lebih lancar menangani masalah dan menjadi orang yang fleksibel. Hidup ini penuh dengan kekecewaan, kesalahan, halangan dan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana. Orang bermental sehat akan menyesuaikan diri sesuai dengan segala sesuatu yang sedang mereka hadapi, bukan kaku dengan suatu prinsip, yang seharusnya masih bisa dibuat fleksibel. Akui semua perasaanmu dan temukan cara menanganinya, bukan dengan pelarian yang bisa merugikanmu dan waktumu.

Baca Juga:   15 Celetukan spontan ibu ini saat ngobrol sama anaknya kocak abis

4. “Semua orang berhak saya perlakukan dengan respek setinggi-tingginya”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Seperti yang sering diungkapkan oleh perkataan bijak, jika kamu ingin dengan mudah menilai seseorang, lihatlah caranya memperlakukan “bawahannya”. Bukan caranya memperlakukan rekan sepantaram, atau bahkan atasannya. Ini termasuk cara memperlakukan orang yang memang harus melakukan sesuatu untukmu, seperti tukang parkir atau pelayan resto.

Jadi kamu perlu memperlakukan semua orang dengan respek tertinggi yang sama. Kalau memperlakukan orang yang melanggar aturan, itu soal lain, tegaslah menindaknya tapi tetap dengan respek.

5. “Saya selalu bisa menertawakan diri saya sendiri dan kesalahan yang saya buat”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Ketika kita terlalu berambisius pada kepentingan pribadi, pada akhirnya kita akan cenderung menjadi selalu merasa paling benar, suka menilai orang lain dan terlalu meribetkan hal-hal kecil. Bagaimana cara menertawakan diri sendiri?

Temukan kekurangan terbesarmu, ketakutan terparahmu dan hal yang kamu paling benci dari dirimu. Ini harus dilakukan. Agar kamu mampu mengakui dan memperbaikinya, serta ikut tertawa dan gak baper ketika orang lain menertawakan itu. Kalau kamu mampu melakukannya, kamu bisa dengan ajaib mengubah kekuranganmu menjadi kharisma tersendiri.

6. “Saya bisa melakukannya dan saya mampu”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Tidak peduli seberapa sulit masalah yang kamu terima atau tantangan yang kamu hadapi, itu semua cuma di pikiranmu. Berpikirlah bahwa kamu orang yang kompeten, mampu dan mau belajar dari pengalaman ini. Segala sesuatu yang belum dilakukan akan tetap berkesan mustahil. Perbanyak pengalamanmu dan ambil semua kesempatan yang ada untuk membuat pemikiran ini makin kuat.

7. “Saya bisa mencintai dan berhak untuk dicintai”

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Pemikiran bahwa kamu bisa memberikan cinta kepada siapa pun tanpa pandang bulu dan menerima cinta dari siapa pun, akan sangat bermanfaat sepanjang hidupmu. Kamu akan menjadi pribadi yang sangat direspek dan disukai banyak orang. Hendriksen mengatakan bahwa “happiness is love”.

Kalau Kamu Gak Mempercayai 7 Hal Ini, Mentalmu Gak Sehat

Fleksibel dalam pikiran juga harus diikuti tindakan fleksibel, seperti selalu berusaha cara lain saat gagal dalam ujian. Pikiran fleksibel juga tetap harus mempertimbangkan cinta, karena kunci kebahagiaan dirimu yang berasosiasi dengan kebahagiaan orang lain adalah cinta. Jadi banyak untungnya kan untuk orang yang biasa berpikir fleksibel?

Baca Juga:   4 Pelajaran moral ini mengingatkanmu berlaku jujur dan tidak korupsi!

(Sumber : life.idntimes.com)

Baca Juga :