Kalau Tak Hati-hati, Mencuci Ayam Bisa Menyebarkan Bakteri Lho!

REKANBOLA – Sebelum memasak, pastinya akan mencuci bahan makanan yang akan diolah. Mulai dari sayur, daging, hingga ayam.

Dikutip dari NBC, mencuci daging ayam dapat menyebarkan bakteri Salmonella ke bahan makanan lainnya. Bakteri itu akan tertinggal di wastafel atau alat yang digunakan untuk mencuci ayam tersebut.

Rita Ross (63), wanita asal Raleigh, North Carolina, biasanya mencuci ayam yang akan dimasaknya untuk menghilangkan lendir yang terdapat antara kulit dan dagingnya.

“Biasanya saya memang selalu mencucinya seperti yang dilakukan ibuku dulu agar bersih. Tetapi tidak pernah terpikirkan kalau akan menyebarkan bakteri ke mana-mana,” ujarnya.

Berdasarkan penelitian di North Carolina State University, sebagian besar orang akan membersihkan dan menyiapkan bahan makanannya di wastafel, bersamaan dengan ayam. Setelah diteliti, bahan makanan lainnya terkontaminasi bakteri yang dimiliki ayam.

“Ketika menjatuhkan bahan makanan atau sayuran ditempat yang sama dengan mencuci ayam, disitulah bakteri juga menyebar ke makanan lainnya,” jelas Mindy Brashears, Wakil Menteri Keamanan Makanan di USDA.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC) memperkirakan, satu dari enam orang jatuh sakit setiap tahunnya karena penyakit bawaan dari makanan.

Menurut CDC, bakteri jenis Salmonella dan Campylobacter banyak ditemukan pada unggas mentah atau kurang matang. Salmonella menyebabkan sekitar satu juta penyakit di AS tiap tahunnya. Sebagian besar mengalami diare, demam, hingga meninggal dunia.

Profesor spesialis keamanan pangan N.C State, Ben Chapman memberikan beberapa saran untuk mengurangi risiko terkontaminasi.

“Cuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan keringkan. Bersihkan wastafel dan meja dapur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan. Pastikan mencuci dan memotong daging mentah, dengan bahan makanan lainnya harus dengan alat yang berbeda,” jelas Chapman.

Baca Juga:   Konsumsi 6 Makanan Ini, Karang Gigi Bersih Secara Alami