Kapal Angkut Elpiji Meledak di Samarinda, Gelegar Radius 5 Km

REKANBOLA – Kapal Motor Amelia bermuatan ratusan tabung elpiji meledak di Dermaga Sungai Mahakam, Jalan KH Mas Mansyur, Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (5/2) malam. Ledakan ini mengakibatkan tiga orang jadi korban dan membuat dua kapal motor lainnya tenggelam.

Saat peristiwa itu terjadi, KM Amelia dalam kondisi sandar dan direncanakan akan berlayar menuju Biduk-biduk, Kabupaten Berau. Namun tiba-tiba kapal tersebut meledak.

Ledakan terdengar keras dan menggelegar hingga radius 5 km dan membuat warga sekitar dermaga panik. Mereka pun berusaha mencari sumber suara menggelegar tersebut.

“Saat itu tidak tahu persis kenapa, tiba-tiba terdengar ledakan keras seperti bom,” kata seorang warga di dekat lokasi, Sukri, Rabu (6/2) dikutip Antara.

Berdasarkan informasi dihimpun, akibat ledakan tersebut tiga orang mengalami luka-luka. Mereka mengalami luka bakar dan saat ini tengah menjalani perawatan di rumah sakit terdekat.

Ledakan tersebut juga berimbas pada kapal motor lain yang baru bersandar tak jauh dari KM Amelia. Menurut Sukri, dua kapal motor tenggelam di Sungai Mahakam akibat ledakan tersebut. Selain itu, dampak ledakan juga mengakibatkan dermaga mengalami kerusakan parah.

Sobari, salah satu pekerja di dermaga itu mengatakan bahwa saat peristiwa terjadi tidak ada aktivitas bongkar muat barang.

Ia menegaskan bahwa bongkar muat di KM Amelia telah selesai sejak sore hari dan saat kejadian KM Amelia dalam posisi sandar.

Kepala SPKT Polresta Samarinda Iptu Hardi belum bisa memastikan penyebab KM Amelia meledak. “Masih diselidiki.”

Yang jelas saat ini tiga korban sudah dirawat di rumah sakit. Namun bukan tak mungkin ada korban lain akibat kejadian tersebut. Mengingat kepolisian bersama unsur terkait masih melakukan pencarian atas informasi masih ada korban lain yang ikut tenggelam bersama kapal.

Baca Juga:   Yudi curi perkakas tetangga untuk beli rokok

“Untuk dugaan ada korban lainnya, kami masih lakukan pencarian untuk memastikannya,” ujarnya.