Kapan Apple Ungkap Fitur Touch ID di Layar iPhone?

Rekanbola –  Teknologi smartphone saat ini semakin berkembang. Setelah tren ponsel poni atau notch, sensor sidik jari dalam layar tampaknya akan menjadi tren berikutnya.

Fitur sensor sidik jari biasanya tersedia di bagian belakang ponsel serta dapat digunakan sebagai pembuka kunci, mengambil foto dan banyak lagi. Akan tetapi, perusahaan teknologi tampaknya berlomba-lomba untuk mengusung teknologi sensor sidik jari di dalam layar.

Adanya tren tersebut bukan rumor baru, beberapa tahun belakangan teknologi tersebut kabarnya akan digunakan oleh dua vendor raksasa yakni Samsung dan iPhone.

beberapa rumor terbaru menyebutkan jika Apple akan menghadirkan fitur tersebut dalam perangkat iPhone terbarunya. Menurut analisis, Ming Chi Kuo dari KGI Securities, hal tersebut tidak akan dilakukan oleh Apple dalam waktu dekat.

Menurut dia, perusahaan asal Amerika Serikat itu tampaknya masih mempertahankan Face ID yakni fitur cerdas untuk membuka kunci hingga aplikasi dengan pengenalan wajah. Face ID dinilai bekerja cukup baik sehingga Apple tidak terburu-buru untuk melompat pada teknologi baru.

Berbeda dengan Apple, beberapa vendor smartphone Android tengah berusaha untuk menanamkan fitur tersebut dalam ponsel terbarunya. Seperti halnya, Vivo, Oppo, Meizu dan kabarnya Samsung. Menariknya, Kuo menjelaskan jika hal tersebut cukup baik untuk menjadi pembeda antara Android dan iOS setidaknya satu tahun ke depan.

Namun harus dicatat, sensor pemindai sidik jari di layar masih menjadi hal baru. Sehingga masih dalam tahap pengembangan, mereka belum mengatasi beberapa kendala teknis, terutama ketika datang untuk mendukung layar OLED. Kuo memprediksi bahwa tren tersebut baru akan marak digunakan pada 2019.

Baca Juga:   Tombol "Home" iPhone, Riwayatmu Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *