Kemenkumham bongkar sel mewah di Lapas Sukamiskin temuan Ombudsman

Rekanbola – Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) mengaku telah merombak sel mewah di Lapas Sukamiskin hasil temuan sidak Ombudsman. Dirjen PAS Kemenkumham Sri Puguh Budi Utami mengaku pihaknya telah mengeluarkan berbagai fasilitas mewah tersebut.

Utami menuturkan bahwa semua konsep mengenai perbaikan fasilitas maupun sel tahanan di Lapas Sukamiskin tengah dikerjakan.

“Ini road map-nya sudah dibuat oleh jajaran Lapas Sukamiskin dengan pak Kadiv PAS dan pak Kakanwil, mudah-mudahan setelah nanti apa yang menjadi fasilitas umum selesai kita masuk ke lingkngan yang ada di dalam kamar,” jelasnya saat jumpa pers di kantor Ombudsman, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Di tempat yang sama, Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu membeberkan temuannya saat sidak di Lapas Sukamiskin pada 13 September 2018 lalu. Menurut dia, di lapas khusus koruptor ini ditemukan bahwa adanya perbedaan ukuran kamar para narapidana.

“Ditemukan adanya perbedaan fasilitas di dalam kamar hunian, antara lain penambahan wallpaper di dinding, karpet, toilet duduk, shower di kamar mandi. Ombudsman juga menemukan adanya perbedaan bentuk kamar seperti yang pakai jendela kaca,” beber Ninik.

Salah satu sel mewah yang ditemukan adalah milik terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto. Sel mantan Ketua DPR RI itu memiliki sejumlah fasilitas mewah serta luas yang dua kali lebih besar dibandingkan narapidana lainnya.

Ninik mengatakan Ditjen Permasyarakatan Kemenkumham harus segera melakukan pembenahan lapas sesuai peraturan. Sel tahana lapas, lanjut dia, harus sesuai standar prosedur serta tak membedakan dengan narapidana lainnya.

“Yang terpenting adalah ada standar yang sama gitu. Jadi masing-masing kamar hunian di Lapas Sukamiskin itu tidak ada yang berbeda antara satu kamar dengan kamar lainnya, jadi sama,” kata Ninik.

Baca Juga:   Longsor di Uganda, 17 Orang Ditemukan Tewas